DPR: Kemenag Harus Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Haji
Senin , 10 Jul 2017, 18:02 WIB

dok. Humas Fraksi PKS
Wakil ketua Komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mengatakan Kementrian agama harus terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji. "Kementrian agama harus antisipasi sehingga bertambahnya jumlah jamaah sebanyak 52 ribu orang tidak malah menambah jumlah masalah. Sebaliknya harus bertambah baik," ujar dia.

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (10/7), Iskan berharap, penambahan jumlah jamaah haji tahun 2017 diikuti dengan perbaikan penyelenggaraan ibadah haji. Sehingga tidak malah menambah jumlah masalah.

Berdasarkan evaluasi tahun lalu, kata dia, setidaknya ada beberapa masalah yang perlu diperhatikan sungguh-sungguh oleh Kemenag dalam penyelenggaraan haji tahun 2017. Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya persiapan jamaah, kesiapan petugas, jamaah haji lansia, penanganan visa, dan berbagai pelayanan lainnya baik di tanah suci maupun di tanah air.

"Masalah lain yang perlu diperhatikan sungguh-sungguh adalah terkait manajemen jadwal embarkasi dan keberangkatan. Dengan memastikan waktu di embarkasi dengan keberangkatan secara baik," ujar dia.

Gelombang pertama jamaah hai reguler asal Indonesia akan berangkat pada 28 Juli 2017. Gelombang pertama akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti
Sumber : Center

BERITA LAINNYA