Menag: Persiapan Haji Hampir Final

Senin , 24 Jul 2017, 20:50 WIB Reporter :Fuji Pratiwi/ Redaktur : Qommarria Rostanti
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, memastikan kesiapan penyelenggaraan ibadah haji 1438 Hijriyah baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci. Dia menyebut, persiapan haji sudah mendekati final.

 

Hotel di Makkah dan Madinah, penyediaan makanan, dan transportasi sudah disewa dan siap menyambut kedatangan jamaah. "Persiapan di Tanah Air juga sudah hampir final, tinggal satu dua hal teknis terutama paspor dan visa," kata Lukman usai rapat kerja bersama Komisi VIII di Kompleks DPR, Senin (24/7).

Paspor dan visa jamaah gelombang pertama sudah selesai. Kemenag saat ini tinggal merampungkan paspor dan visa jamaah gelombang kedua. Asrama haji di 13 embarkasi juga sudah siap. Lukman berharap semoga tidak ada kendala berarti nanti.

Soal wabah kolera, Lukman mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. "Kami percaya Pemerintah Saudi menangani ini dengan serius agar wabah tidak menyebar dan mengganggu jamaah," kata dia.

Kemenkes sendiri, kata Lukman, melakukan antisipasi dan persiapan. Jamaah juga terus diedukasi terutama soal penerapan pola hidup bersih dan sehat. Lukman percaya petugas kesehatan sudah siap dan terlatih mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam prosesi haji.

 
Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:30 04:30 11:51 15:03 17:53 19:01