237 Calon Haji Dharmasraya Terima Koper
Senin , 24 Jul 2017, 22:20 WIB

Republika/Agung Supriyanto
Koper Haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PULAU PUNJUNG -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyerahkan 237 koper untuk calon haji asal daerah itu yang dijadwalkan berangkat pada 6 Agustus 2017. "Alhamdulillah logistik untuk calon haji telah dapat diserahkan hari ini," kata Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Suhardi di Pulau Punjung, Senin (24/7).

Ia menjelaskan, ada tiga jenis tas dalam satu paket penerimaan yang menjadi hak setiap calon haji, yaitu koper besar berkapasitas maksimal 30 kilogram, tas tenteng ukuran sedang, dan tas paspor. Calon haji tidak diperkenankan membawa tas bawaan lain di luar tiga tas yang telah disediakan panitia penyelenggara kecuali dimasukkan ke dalam koper.

"Seluruh tas sudah kami berikan label keberangkatan sesuai rombongan, data identitas, kelompok, kloter calon jamaah haji," kata dia.

Pemberangkatan calon haji daerah itu tergabung pada kelompok terbang (kloter) 10 bersama Kota Padang, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Solok Selatan. Ia mengatakan, calon haji asal daerah itu masuk embarkasi di Kota Padang pada 6 Agustus 2017, lalu diterbangkan ke Madinah 7 Agustus.

"Jadwal keberangkatan dan kloter sudah diputuskan kementerian agama wilayah Sumbar, artinya keberangkatan calon jamaah hanya tinggal 14 hari lagi," ujar dia.

Terpisah, Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal berpesan calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat. Kemudian, calon haji senantiasa meningkatkan rasa keikhlasan, rasa kesabaran, tawakal, ibadah sunnah dan memperbaiki budi pekerti supaya menjadi haji yang mabrur.

"Ibadah haji merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi," katanya.



BERITA LAINNYA