Dua Juta Jamaah Ikuti Khatm Alquran di Masjidil Haram
Jumat , 15 Jun 2018, 18:16 WIB

saudigazette
Lebih dari dua juta orang memadati acara khatm Alquran di Masjidil Haram, Makkah, (14/6).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH - Di tengah-tengah layanan keamanan yang ketat karena Raja Salman ikut hadir bersama lebih dari dua juta jamaah, semua peziarah  umrah menikmati akhir bulan Ramadhan tahun 2018.  Mereka itu bisa berasal dari warga Arab Saudi maupun warga asing yang hadir pada Rabu malam kemarin, (14/6), di Masjidil Haram untuk mengikuti prosesi Khatm Al-Qur'an.

Khatm Al-Qur’an adalah acara terakhir dari pembacaan seluruh Al-Qur'an selama doa sholat Tarawih, yang dimulai sejak malam pertama Ramadhan. Khatm Al-Qur’an berada di malam ke-29 bulan suci Ramadhan.

Para pezirah memanjatkan berbagai doa dalam suasana spiritual yang tenang. Pasukan keamanan menjaga area Masjidil Haram dengan ketat. Mereka memastikan semua jamaah terpantau dengan baik.

Seperi dilansir Saudi Press Agency mengatakan rangkain doa pada Rabu malam tersebut dipimpin oleh Imam dan Khatib Masjidil Haram, Sheikh Abdulrahman Al-Sudais. Dia memimpin dia yang memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni semua Muslim pada malam yang diberkati ini dan menyelamatkan mereka dari neraka. Dia juga berdoa untuk menjaga Kerajaan  Arab Saudi dan semua negara Muslim dari semua kejahatan agar mereka selalu aman dan stabil.

Para jamaah memadati Masjid Agung semenjak dini hari. Semua lantai dan plaza Masjidil Haram penuh dan barisan para jamaah. Bahkan, meluas sampai ke halaman yang ada di sekitar Masjidil Haram dan meluber ke jalan-jalan yang menuju ke sana. Usainya proyek Masjidil Haram berkontribusi sangat besar untuk memfasilitasi semua orang dalam melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Arus lalu lintas diperlancar. Meskipun lalu lintas padat, rencana rekayasa lalu lintas yang disiapkan sebelumnya berkontribusi untuk mencegah kemacetan lalu lintas dan kecelakaan. Semua badan keamanan berkontribusi pada pengaturan jamaah dan memperlancar arus lalu lintas.

Selain dari Departemen Lalu Lintas, badan-badan ini termasuk patroli keamanan Pertahanan Sipil, Polisi Makkah, Pasukan Keamanan Haram dan Keamanan Penerbangan, juga dilibatkan. Beberapa instansi pemerintah lainnya ikut berkontribusi pada upaya ini dan memberikan layanan dengan membantu para jamaah. Kementerian Kesehatan, dan pihak kotamadya Makkah berpartipasi penting dalam acara Khatam Alquran ini.

Redaktur : Muhammad Subarkah

BERITA LAINNYA