Jamaah Haji Mulai Datangi Tanah Suci
Ahad , 15 Jul 2018, 07:43 WIB

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pesawat Garuda Indonesia Boing 777 - 300ER dan 747 - 400 yang nantinya akan digunakan sebagai armada penerbangan pada musim haji 2018 atau 1439 H, di Hanggar 4 GMF Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/7). Pada musim haji tahun 2018, sebanyak 107.959 calon jemaah haji akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda, demarkasi Jakarta, Jawa Barat dan Banten melalui Bandara Soekarno Hatta, untuk berangkat dan pulang.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah dari berbagai penjuru dunia mulai mendatangi Tahan Suci guna menjalankan rangkaian musim haji tahun ini. Meski belum terlampau ramai, jamaah dari Asia Selatan dan Malaysia sudah mulai tiba di Tanah Suci.

Di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, jamaah asal Pakistan sudah nampak sejak Sabtu (14/7) sore waktu setempat. Para pria rombongan jamaah tersebut sudah mengenakan kain Ihram sebelum diperiksa oleh pihak imigrasi Arab Saudi.

Sementara di Makkah, jamaah-jamaah dari berbagai negara, di antaranya Malaysia, juga mulai berdatangan. “Macam nak menetes air mata saya,” kata Harun (40 tahun) seorang jamaah asal Malaysia yang ditemui Republika.co.id di Masjidil Haram. Meski belum berpakaian Ihram, ia bersama dua kawannya nampak melaksanakan tawaf pada Ahad (15/7) dini hari waktu Makkah tersebut.

Kelompok pertama dari pemberangkatan jamaah haji asal Malaysia, seperti dilansir New Strait Times sedianya memang tiba di Arab Saudi pada Sabtu (14/7) mendatang. Kelompok pertama dari 483 jamaah yang terbang dengan maskapai Airbus A380 akan mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Sedangkan sisanya mendarat di Jeddah.

Sementara itu, cuaca panas yang diperkirakan menerpa Tanah Suci pada musim haji kali ini mulai terasa di Jeddah dan Makkah. Bahkan pada malam hari, cuaca terasa panas dengan suhu mencapai rerata 32 derajat celcius. Kementerian Kesehatan telah mewanti-wanti agar jamaah mewaspadai suhu ekstrem tersebut. 

Redaktur : Friska Yolanda
Reporter : Fitriyan Zamzami

BERITA LAINNYA