Menag: InsyaAllah Tenda di Arafah Dilengkapi AC
Jumat , 14 Des 2018, 00:11 WIB

Republika/Nasih Nasrullah
Tenda Arafah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Muhammad Salih bin Taher Bentin telah menandatangani nota kesepahaman penyelenggaraan haji 2019 di Makkah pada Senin (10/12) lalu. Menurut Lukman, isi nota kesepahaman tersebut tidak jauh berbeda dengan 2017 lalu.

Namun, kata dia, pihaknya sedang mengupayakan agar pelayanan jamaah haji Indonesia meningkat pada penyelenggaraan haji 2019, termasuk di Arafah.

"Kalau dari isi nota kesepamahannya relatif tidak ada perubahan, tapi kami pemerintah Indonesia akan meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah haji," ujar Lukman saat ditanya Republika.co.id usai meluncurkan Alquran Terjemah Tiga Bahasa di Kantor Kemenag, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Lukman mengatakan, saat ini pihaknya sedang berikhtiar agar seluruh tenda jamaah haji Indonesia di Arafah bisa disediakan AC, sehingga pada masa puncak jaji, jamaah bisa mendapatkan kenyamanan.

"InsyaAllah kita sedang ikhtiarkan betul tahun 2019 nanti seluruh tenda di Arafah itu akan dilengakapi dengan AC," ucap Lukman.

Menurut Lukman, penyediaan AC di seluruh tenda jamaah tersebut sebelumnya tidak pernah terjadi. Karena itu, kata dia, pihaknya sedang membicarakan hal ini dengan pemerintah Arab Saudi agar jamaah mendapatkan kenyamanan.

"Ini yang selama ini tidak pernah terjadi. Kita akan ikhtiyarkan agar kenyamanan jamaah ketika puncaknya di Arah itu bisa meningkat lebih baik," kata Lukman.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Muhyiddin

BERITA LAINNYA