400 Calhaj Kalsel Gagal Pelunasan BPIH Tahap Pertama
Sabtu , 20 Apr 2019, 19:23 WIB

Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas layanan nasabah melayani calon jamaah haji yang akan melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Kantor Cabang Mandiri Syariah Area Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/3/2019).

IHRAM.CO.ID,  BANJARMASIN—  Tak kurang dari 400 calon jamaah haji (calhaj) yang mendapat peluang berangkat tahun ini tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) pada tahap pertama hingga 15 April 2019.

Baca Juga:

"Pelunasan BPIH tahap kedua akan dibuka mulai 30 April hingga 10 Mei 2019. Ini akan menjadi jatah calhaj yang lain," ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Noor Fahmi, di Banjarmasin, Sabtu (20/4).    

Dia menjelaskan, untuk pelunasan BPIH tahap kedua diprioritaskan bagi calhaj yang sudah pernah berhaji, namun sudah masuk antrean berangkat tahun ini. "Termasuk pula menyatukan mahram yang terpisah, serta pendamping calhaj lanjut usia," tuturnya.

Menurut Noor Fahmi, bagi calhaj yang tidak dapat melunasi BPIH tahap pertama maka tertunda keberangkatannya ke tahun depan.

"Yang sudah melunasi BPIH tahap pertama untuk haji reguler sekitar 3.477 orang, sejak dibuka 19 Maret hingga 15 April 2019," ujarnya.

Adapun keberangkatan haji Kalsel tahun ini untuk kloter pertama pada 9 Juli 2019. "Belum kita undi lagi daerah mana yang akan berangkat pertama," paparnya.

Noor Fahmi menyebutkan jamaah haji Kalsel di Kota Makkah akan menempati wilayah Rai Bas, yakni, berjarak sekitar 700 meter dari Masjid al-Haram.

 

Redaktur : Nashih Nashrullah
Sumber : Antara

BERITA LAINNYA