Calon Jamaah Haji Diimbau Jaga Kesehatannya Mulai Sekarang
Kamis , 25 Apr 2019, 18:18 WIB

dok. MCH
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusup Singka (tengah), saat memberikan pembekalan untuk petugas haji Arab Saudi tahun 1440 H/2019 M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (25/4).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Keberangkatan jamaah haji Indonesia akan dimulai pada 7 Juli 2019 mendatang. Karena itu, calon jamaah haji sudah diharuskan menjaga kesehatannya mulai dari sekarang.

Baca Juga:

Menurut Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka, di antara pemeliharaan kesehataan calon jamah haji yang sudah harus dilakukan saat ini adalah, mulai melakukan aktivitas olahraga. Yaitu, rajin olahraga yang dilakukan minimal tiga kali dalam sepekan.

"Misalnya, jalan kaki pagi atau sore minimal 30 menit," kata Eka usai menjadi pemateri di acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440 H/2019 M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (25/4).

Eka melanjutkan, selain olahraga, calon jamaah haji juga harus mulai memerhatikan asupan makanan dan minumannya. Untuk makanan, harus disesuaikan dengan kondisinya riwayat kesehatannya.

"Misalnya, jika kolesterolnya tinggi, kurangi konsumsi daging," kata Eka.

Sedangkan untuk minuman, Eka menyarankan agar calon jamaah haji mulai banyak minum. Sedikitnya, dua liter per hari.

Untuk musim haji tahun ini, Eka menyebutkan cuaca di Arab Saudi cenderung panas seperti tahun sebelumnya. Karena itu, Eka menyarankan agar calon jamaah haji mempersiapkan payung dan krim pelindung dari sinar matahari.

Selain itu, Eka meminta jika jamaah haji sudah di Arab Saudi, maka harus benar-benar memperhatikan kesehatannya. Di antaranya, harus makan terlebih dahulu sebelum memulai rangkaian ibadah, harus makan dulu. Dan, sering-sering mencuci tangan.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan di Arab Saudi, Eka menjelaskan pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Di antaranya, membangun KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) yang baru di Madinah.

"InsyaAllah fasilitasnya lebih bagus," kata Eka.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan Tim Gerak Cepat (TGC). Tim ini akan diperkuat dengan tim P3JH (Pertolonga Pertama pada Jamaah Haji).

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Muhammad Hafil

BERITA LAINNYA