Jamaah Haji Tabalong Diberangkatkan dalam Dua Kloter
Kamis , 25 Apr 2019, 22:20 WIB

dok. Republika
(Ilustrasi) Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Calon jamaah haji asal Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 2 dan 16 pada pemberangkatan melalui Embarkasi Banjarmasin. Hal itu dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tabalong, Taufik Rahman.

Baca Juga:

Jadwal Kloter jamaah tersebut merupakan hasil pengundian dengan metode e-Qur’ah yang digelar Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/4) lalu. Proses pengundian dihadiri seluruh kepala kantor wilayah Kemenag dan jajaran se-Kalimantan Selatan.

Taufik menyebut, calon jamaah haji pada Kloter 2 merupakan khusus bagi jamaah Tabalong. Sementara itu, Kloter 16 merupakan akan terdiri atas calon jamaah haji gabungan, yakni tak hanya dari Tabalong.

“Kloter 16 Embarkasi Banjarmasin, jamaah kita akan bergabung dengan jamaah yang berasal dari Kabupaten Balangan dan Kota Banjarmasin,” ujarnya dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (24/4).

Waktu keberangkatan mereka kurang dari tiga bulan lagi. Karena itu, Kasi PHU Kemenag Tabalong, Nabhan Fansuri mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan. Sebab, itulah modal besar supaya bisa menjalankan ibadah haji dengan baik.

“(Mereka) harus memahami jika perjalanan ke tanah suci bukanlah perjalanan biasa, karena itu kesehatan dan kondisi fisik yang prima sangat penting diperhatikan,” ujarnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini jumlah sementara jamaah Tabalong yang telah melunasi pada tahap awal sebanyak 406 orang. Pihaknya masih menunggu nominatif calon jamaah yang berhak melakukan pelunasan pada tahap kedua.

"Total keseluruhan jamaah Tabalong pada pemberangkatan jamaah tahun 2019 belum bisa dipastikan,” lanjutnya.

Redaktur : Hasanul Rizqa
Reporter : Zahrotul Oktaviani

BERITA LAINNYA