Kemenkes Minta Saudi Beri Batu Es di Penampung Zamzam

Jumat , 26 Apr 2019, 19:16 WIB Reporter :Muhammad Hafil / Redaktur : Nashih Nashrullah
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri) saat menjadi pemateri pada acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440 H/2019 M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (26/4).
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kiri) saat menjadi pemateri pada acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440 H/2019 M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (26/4).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia sudah meminta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan batu es di tempat-tempat penampung air zamzam. Tujuannya, agar air zamzam yang diminum bisa menurunkan suhu tubuh. 

 

"Kami sudah minta dan juga insya Allah saya juga akan minta lagi agar air zamzam yang disemprot kepada kita semua sudah dingin diberikan batu es di dalamnya sehingga bisa lebih dingin menurunkan suhu badan kita," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek usai acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Jumat (26/4).

Baca Juga

Nila juga menekankan pentingnya menghindari dampak sengatan panas, yang kalau sudah parah bisa mengakibatkan kematian. Sengatan panas atau heat stroke adalah kondisi ketika suhu tubuh yang meningkat tajam dan tiba-tiba dalam waktu cepat, tetapi tubuh tidak mampu atau tidak memiliki cukup waktu untuk mendinginkan diri. “Kondisi itu bisa terjadi saat suhu udara meningkat tajam sementara asupan cairan ke tubuh sedikit," kata Nila.  

Nila mengatakan, orang yang tidak memiliki risiko penyakit, bisa banyak minum untuk menghindari dampak sengatan panas. Sementara, mereka yang punya risiko penyakit atau berusia lanjut mesti betul-betul mengelola pemenuhan kebutuhan cairannya. 

 

 
Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:27 04:27 11:49 14:58 17:52 19:00

widget->kurs();?>