Pelunasan BPIH Kuota Haji Tambahan Mulai Pertengahan Mei
Rabu , 01 May 2019, 19:48 WIB

Risky Andrianto/Antara
Petugas Bank Mandiri Syariah melayani calon jemaah haji melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) di Kantor Cabang BSM di Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/4). BSM mulai melayani calon jemaah haji yang melakukan pelunasan BPIH pada 16 April hingga 4 Mei 2018

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) bagi 10 ribu calon jamaah haji (calhaj) yang berasal dari kuota tambahan segera dibuka. Rencananya, pelunasan tersebut akan dimulai pada pertengahan Mei 2019 ini. 

Baca Juga:

"Kita perkirakan nanti pada 14 Mei," kata Kasubdit Pendaftaran dan Pelunasan Haji Kemenag, Mukhammad Khanif di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Rabu (1/5).  

Khanif mengatakan, dari 10 ribu tambahan kuota jamaah baru, separuhnya akan dialokasikan untuk calon jamaah sesuai antrean. "Kalau nanti sampai akhir pelunasan tahap kedua ini, sebanyak 50 persen dari 10 ribu itu yang tidak bisa berangkat itu ke Arab Saudi, artinya, (jamaah) cadangan kalau tidak terkover di tahap kedua, nantinya cadangan  akan berangkat dengan menggunakan kuota tambahan yang 10 ribu tersebut," kata dia. 

Pada pertengahan April ini, Pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji untuk jamaah haji asal Indonesia. Kemudian, pada 23 April kemarin, Pemerintah Indonesia dan DPR sepakat menerima kuota tambahan sebanyak 10 ribu jamaah yang diberikan Arab Saudi kepada Indonesia. Adapun sumber pembiayaan untuk itu diupayakan berasal dari APBN melalui Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-BUN).  

 

Redaktur : Nashih Nashrullah
Reporter : Muhammad Hafil

BERITA LAINNYA