Ribuan Petugas Jaga Kebersihan Masjid Al-Haram
Kamis , 09 May 2019, 16:45 WIB

M Nashih Nasrulloh/Republika
Petugas Keberisihan Masjid al-Haram membersihkan pelataran Ka'bah, Ahad (7/8) malam hari waktu Arab Saudi. Lantai dibersihkan tiga kali seharii untuk menjaga kebersihan dan kesucian.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi berupaya memberikan layanan terbaik untuk seluruh jamaah di Masjid al-Haram, Makkah. Apalagi, kini sudah memasuki bulan suci Ramadhan.

Baca Juga:

Salah satu perhatiannya pada soal kebersihan. Setidaknya, terdapat lebih dari dua ribu petugas kebersihat yang dikerahkan di tempat suci itu. Mereka bekerja dengan jangka waktu selang-seling (shift).

Para pekerja ini diketahui mampu membersihkan seluruh bagian Masjid al-Haram dalam waktu hanya 45 menit. Dari durasi tersebut, setengah jam lamanya mereka bertugas menggosok lantai marmer putih di sekitar Ka'bah yang jadi tempat thawaf.

Bagaimanapun, kerja mereka tidak sampai mengganggu mayoritas jamaah dan pengunjung di Masjid al-Haram. Seperti dilansir Arab News, Kamis (9/5), mereka dilengkapi berbagai fasilitas. Misalnya, 30 unit kendaraan listrik khusus, 67 mesin, dan 400 liter air untuk membersihkan sekitar Ka'bah.

Tak sedikit jamaah yang mengapresiasi efisiensi layanan kebersihan Masjid al-Haram. Salah seorang asal Bangladesh, Mohammed Asif, menyatakan sangat senang dengan layanan yang mereka berikan. Baginya, tingkat kebersihan Masjid al-Haram sudah sangat baik.

Asif pun mengaku terkesan dengan cara para petugas itu. Mereka begitu terorganisasi, sehingga terhitung cepat dalam membersihkan Masjid al-Haram. Tidak hanya itu, ia juga suka dengan penggunaan wewangian aroma mawar dan parfum oud (gaharu) di Masjid al-Haram.

Redaktur : Hasanul Rizqa
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA