Berapa Lama 2.000 Petugas Bersihkan Masjid al-Haram Makkah?

Kamis , 09 Mei 2019, 22:17 WIB Reporter :Umi Nur Fadhilah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Petugas Keberisihan Masjid al-Haram membersihkan pelataran Ka'bah, Ahad (7/8) malam hari waktu Arab Saudi. Lantai dibersihkan tiga kali seharii untuk menjaga kebersihan dan kesucian.
Foto : M Nashih Nasrulloh/Republika
Petugas Keberisihan Masjid al-Haram membersihkan pelataran Ka'bah, Ahad (7/8) malam hari waktu Arab Saudi. Lantai dibersihkan tiga kali seharii untuk menjaga kebersihan dan kesucian.

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Satu tim berjumlah lebih dari 2.000 petugas kebersihan betugas membersihkan Masjid al-Haram. Mereka bekerja sepanjang waktu selama empat giliran.

 

Seperti dilansir di Arab News  pada Kamis (9/5), petugas kebersihan itu bertugas menjaga kebersihan Masjid al-Haram selama Ramadhan. Para pekerja itu hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk membersihkan kawasan seluruh masjid suci. Kemudian, mereka menggosok halaman marmer putih di sekitar Ka'bah selama 30 menit.

Baca Juga

Aktivitas pembersihan tidak menghalangi jumlah besar jamaah dan pengunjung yang datang ke masjid. Sebanyak 30 kendaraan listrik khusus, 67 mesin, dan 400 liter air digunakan untuk membersihkan halaman di sekitar Ka'bah.

Sejumlah jamaah umrah dan pengunjung masjid, memuji efisiensi layanan kebersihan di Masjid al-Haram. Pengunjung dari Bangladesh, Mohammed Asif, sangat senang dengan layanan yang diberikan dan tingkat kebersihan di Masjid al-Haram. 

Dia terkesan dengan kinerja petugas kebersihan itu. Bahkan, dia menyukai penggunaan aroma mawat dan oud yang digunakan petugas membersihkan masjid.

Ketua Kepresidenan Dua Masjid Suci, Abdulrahman al-Sudais, menyiapkan lebih dari 10 ribu staf untuk melayani jamaah dan pengunjung di Masjid al-Haram. 

Kemudian, Kementerian Kesehatan Saudi mengerahkan lebih dari 11 ribu staf medis, serta memperkuat semua rumah sakit dan pusat kesehatan di Makkah. Hal itu bertujuan untuk memperluas layanan kesehatan bagi jamaah dan pengunjung umrah.

Pemerintah kota juga mengerahkan 11.825 petugas kebersihan untuk membersihkan kota suci dan Masjid al-Haram sepanjang waktu. Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi mendirikan lebih dari 85 pusat di Makkah dengan 1.365 personel dan 170 ambulan.

Dengan adanya potensi peningkatan jumlah jamaah umrah dan pengunjung ke kota suci, Perusahaan Air Nasional akan memompa air lima persen lebih banyak ke Makkah selama Ramadhan. Jumlah yang lebih banyak daripada kebutuhan tahun lalu. Perusahaan Air Nasional membuat persiapan untuk mengisi reservoir strategis di Makkah dan tempat-tempat suci dengan air.  

 

 

 

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:57 WIB 15:18 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB