Pelunasan BPIH Kuota Haji Tambahan Aceh Sampai 28 Mei
Kamis , 23 May 2019, 09:39 WIB

Republika/Edwin Dwi Putranto
Petugas layanan nasabah melayani calon jamaah haji yang akan melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Kantor Cabang Mandiri Syariah Area Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/3/2019).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Provinsi Aceh mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 285 jamaah. Proses pelunasanan khusus kuota tambahan tersebut dimulai sejak kemarin, Rabu (22/5). 

Baca Juga:

Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kanwil) Aceh, Samhudi, mengatakan mengatakan pelunas tahap ketiga dilaksanakan mulai Rabu (22/5). Sementara untuk pelunasan tahap I dan II sudah selesai. "Mulai Rabu pelunasannya. Kita harap lancar sampai 28 Mei," katanya saat dihubungi Republika.co.id, di Jakarta, Kamis (23/5).

Samhudi mengatakan, persiapan penyelenggaraan ibadah haji di Provinsi Aceh sedang berlangsung dan hampir selesai. Saat ini Kanwil Aceh sedang melakukan validasi dan verifikasi paspor oleh Kemenag di Kabupaten/Kota Provinsi Aceh.

"Teman-teman sedang mengantar ke Kanwil nanti setelah ini kita pada Ramadhan ini bisa diantar ke Jakarta sebagian," katanya.

Samhudi mengatakan Provinsi Aceh memiliki 12 Kelompok Terbang (kloter) jamah haji. Saat ini Kanwil Aceh sedang menunggu pengisian kloter yang ditentukan oleh pusat. 

"Walaupun komposisinya sudah kita buat, misalnya untuk kloter I di kabupaten apa itu sudah selesai, hanya saja pengisian isi kloternya itu belum ada," katanya.

Seperti diketahui berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Pengisian Kuota Haji 1440H/2019M, Aceh mendapat kuota haji sebanyak 4.359. Jumlah tersebut belum ditambah TPHD yang terdiri dari 14 pelayan umum, 14 pembimbing ibadah dan enam petugas kesehatan. 

 


BERITA LAINNYA