2 Pria India yang Pergi Haji dengan Bersepeda Tiba di UEA

Sabtu , 25 May 2019, 17:10 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Muhammed Saleem (53) dan Rizwan Ahmad Khan (42) berasal dari Bangalore, bersepeda menuju Makkah untuk berhaji.
Muhammed Saleem (53) dan Rizwan Ahmad Khan (42) berasal dari Bangalore, bersepeda menuju Makkah untuk berhaji.

IHRAM.CO.ID, DUBAI — Dua pria India yang berencana bersepeda hingga Makkah, Saudi, tiba di Uni Emirat Arab (UEA). Keduanya sudah mengayuh sepeda sejauh 3.800 kilometer (km) di tiga negara selama tiga bulan. 

 

Seperti dilansir di Kashmir Reader pada Sabtu (25/5), Muhammed Saleem (53) dan Rizwan Ahmad Khan (42) berasal dari Bangalore. Keduanya tetap bersepeda sambil berpuasa. Salah satu dari mereka sempat kehilangan sepeda di tengah perjalanan. 

Baca Juga

“Sepeda kami tak ditemukan di perjalanan kapal feri dari Bandar Abbas ke UEA. Saya sedikit frustrasi, karena itu adalah hari pertama puasa dan terlalu panas, tetapi orang-orang di pelabuhan Sharjah berusaha membantu menemukan sepeda,” kata Saleem.

Selama perjalanan, dia merasakan banyak budaya, makanan, dan tempat ibadah. Saleem dan Khan mengayuh hampir 1.300 km di India, 700 hingga 800 km di Oman, dan 1.700 km di Iran. Awalnya, mereka berencana bersepeda melalui India, Pakistan, Iran, Irak, Kuwait, dan Arab Saudi, tanpa alat transportasi lain. Namun, sangat sulit mendapatkan visa ke Pakistan dan Irak.

“Kami memutuskan untuk mengayuh ke Oman, terbang ke Teheran, dan mengayuh sampai ke Bandar Abbas, dan kemudian pergi melalui UEA ke Arab Saudi,” ujar Saleem.

Keduanya berharap dapat tiba di Makkah pada 25 Juli mendatang, atau tepat sebelum pelaksanaan ibadah haji pada 9 Agustus. Dari UEA, keduanya akan menuju perbatasan Saudi. Mereka langsung masuk ke Riyadh, Madinah, dan menuju Makkah. 

“Impian saya adalah melakukan perjalanan dengan pakaian ihram ke Makkah, itu lah sebabnya kami akan pergi ke Madinah dulu,” kata Saleem.  

Rupanya, ini bukan pertama kalinya Saleem memulai petualangan semacam itu. Dia telah bersepeda selama 35 tahun dan menjadi juara negara tiga kali di India. “Saya telah bersepeda keliling Eropa pada 1989 dan pernah mengayuh sepeda dari Kuwait ke Dubai,” ujar dia. Saleem dan Khan telah mengayuh sejauh 75 hingga 100 km per hari. n Umi Nur Fadhilah

 

 
Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:27 04:27 11:49 14:58 17:52 19:00

widget->kurs();?>

BERITA LAINNYA