Mengenal Makam Baqi

Senin , 10 Jun 2019, 12:25 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.
Foto : Ismar Patrizki/Antara
Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kompleks Pemakaman al-Baqi terletak di dekat dengan Masjid Nabawi di Madinah. Di tanah yang cukup luas inilah kerabat dan sahabat Nabi Muhammad beserta kaum Muslimin lainnya dimakamkan.

 

Disini dimakamkan Usman Bin Affan RA (Khalifah III) dan para istri Nabi, yaitu Siti Aisyah RA, Umi Salamah, Juwariyah, Zainab, Hafshah binti Umar Bin Khattab dan Mariyah Al Qibtiyah RA. Juga putra-putri Rasulullah SAW, di antaranya Ibrahim, Siti Fatimah, Zainab dan Ummu Kulsum.

Demikian pula Ruqayyah Halimatus Sa'diyah ibu yang menyusui Rasulullah SAW. Sahabat yang pertama kali dimakamkan di Baqi adalah Abu Umamah, Hasan bin Zararah dari kaum Anshar dan Usman bin Maz'un dari golongan Muhajirin.

“Baqi” dalam bahasa Arab berarti sebuah tanah lapang. Jenazah yang dikubur di makam ini hanya ditandai sepasang batu tanpa ada nama. Tak ada satu pun identitas siapa yang dikubur di situ. 

Makam Baqi hampir tidak pernah sepi didatangi para peziarah. Biasanya mereka datang sesudah menunaikan shalat di Masjid Nabawi.  Tanah kuburan untuk penduduk Madinah dipakai sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. 

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:32 WIB 04:42 WIB 11:59 WIB 15:20 WIB 17:56 WIB 19:07 WIB