Soal Amirul Haj 2019, Menag: Tunggu Instruksi Presiden
Rabu , 26 Jun 2019, 19:45 WIB

MCH
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Kiri)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, pimpinan haji atau amirul haj 2019 sampai saat ini belum ditetapkan.

Baca Juga:

“Saya akan menghadap Bapak Presiden dulu meminta waktu sekaligus menyampaikan persiapan pelaksanaan ibadah haji. Jadi, belum ditetapkan siapa yang akan menjadi amirul haj,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di sela-sela acara pembekalan terhadap para petugas haji Media Center Haji (MCH) di Kantor Kemenag RI, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (25/6).

Ia mengatakan, pada tahun 2014-2018, yang bertindak sebagai amirul haj adalah menteri agama. Namun, untuk tahun ini belum ditetapkan, apakah tetap menteri agama atau pihak lain yang ditunjuk. “Kita tunggu instruksi dari Presiden,” jelasnya.

Berita ini juga sekaligus meralat informasi sebelumnya di Republika yang menyebut, amirul haj periode 2014-2018 adalah Nasrullah. “Saya tidak punya wewenang untuk itu (menjadi amirul haj--Red),” kata Nasrullah Jassam, Kepala Subdirektorat Dokumen Haji Kemenag kepada Republika di Jakarta, Rabu (26/6).

Terkait proses menjelang pemberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama, Nasrullah menambahkan, visa yang sudah diproses Kemenag telah selesai lebih dari 143 ribu. “Kira-kira sudah lebih dari 40 kloter yang selesai visanya,” kata dia.

Pihaknya menargetkan, H-3 atau sekitar tanggal 3 Juli, seluruh visa jamaah haji bisa terselesaikan. Untuk menyelesaikan kekurangan yang ada, pihaknya sudah menyiapkan lebih dari 90 tenaga harian untuk mempercepat proses pendokumentasi elektronik visa (e-visa)

Redaktur : Hasanul Rizqa
Reporter : Syahruddin El-Fikri

BERITA LAINNYA