Jamaah Haji Iran Diberangkatkan 8 Juli, Bangladesh 4 Juli
Kamis , 27 Jun 2019, 15:18 WIB

Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah haji Iran mengantri membeli kartu perdana lokal selepas tiba di Bandara AMA Madinah, Selasa (17/7). Tak seperti kebanyakan jamaah haji negara lain, seluruh jamaah haji pria Iran mengenakan setelan resmi ke Tanah Suci.

IHRAM.CO.ID, TEHRAN – Musim haji akan dimulai pada Juli mendatang. Para jamaah haji akan segera diberangkatkan ke tanah suci dari berbagai negara, tak terkecuali Iran dan Bangladesh. 

Baca Juga:

Kelompok jamaah haji pertama dari Iran akan berangkat ke Makkah, Arab Saudi, pada 8 Juli 2019 mendatang. Sementara kloter pertama jamaah haji Bangladesh akan mulai diterbangkan dari Dhaka ke Saudi pada 4 Juli 2019.   

Wakil direktur Organisasi Jamaah dan Haji Iran, Akbar Rezaei, mengatakan sepekan kemudian, setelah kelompok jamaah pertama diberangkatkan ke Makkah, dia mengatakan kelompok-kelompok jamaah lainnya akan diberangkatkan ke Madinah. 

Dilansir dari Tehran Times, Kamis (27/8), semua jamaah akan melakukan perjalanan ke Makkah dalam rangkaian ibadah haji mulai 5 Agustus 2019. Jamaah haji Iran kemudian akan kembali ke tanah air mereka pada 8 September.   

Tahun ini, sebanyak 86.550 jamaah asal Iran akan melaksanakan ibadah haji. Menurut Rezaei, jumlah jamaah perempuan lebih banyak daripada pria pada pelaksanaan haji musim 2019 ini.  

Secara terpisah, Maskapai Biman Bangladesh Airlines telah menyelesaikan persiapan untuk memulai penerbangan jamaah haji ke Arab Saudi. Dilansir dari The Daily Star, Kamis (27/6), kloter pertama jamaah haji Bangladesh akan mulai diterbangkan dari Dhaka ke Saudi pada 4 Juli 2019. Penerbangan haji pertama ini akan mengangkut sebanyak 419 jamaah.

Maskapai Biman akan membawa sebanyak 63.599 jamaah haji tahun ini. Biman akan mengoperasikan 189 penerbangan pra-haji dari 4 Agustus hingga 5 Agustus dengan empat Boeingnya.  

Maskapai ini akan mengoperasikan 11 penerbangan ke Madinah untuk pertama kalinya. Sedangkan 19 penerbangan haji akan beroperasi dari Chattogram dan tiga dari Sylhet. Selanjutnya, Biman akan mengoperasikan 176 penerbangan pasca haji, yang dimulai dari 17 Agustus hingga 15 September. 

Secara keseluruhan, sekitar 127.198 jamaah dari Bangladesh akan melaksanakan ibadah haji tahun ini. Sisa jamaah haji lainnya akan diterbangkan ke tanah suci oleh Saudi Airlines. Sementara itu, untuk pertama kalinya tahun ini proses imigrasi sejumlah jamaah Bangladesh akan selesai di Dhaka. (Kiki Sakinah)

 

Redaktur : Nashih Nashrullah
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA