Beginilah Komitmen Dua Masjid Suci untuk Kaum Disabilitas
Ahad , 16 Dec 2018, 17:51 WIB

Alriyadh.com
Jalur kursi roda untuk disabilitas di Masjid al-Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menyediakan fasilitas baru berupa bahasa isyarat, Alquran braile, dan kursi roda listrik di masjid suci Makkah dan Madinah.

Fitur baru itu bertujuan membantu jamaah berkebutuhan khusus yang mengunjungi dua masjid suci. 

Dilansir di Arab News pada Ahad (16/12) Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menggambarkan jamaah berkebutuhan khusus memiliki motivasi tinggi dalam beribadah. 

Karena itu, mereka menyiapkan layanan untuk membantu jamaah tersebut. Layanan itu ditujukan untuk memberi kemudahan dan kenyamanaan, serta menghindari kendala saat musim sibuk.

Salah satu staf di kepresidenan, Ahmed Al-Burqati menjelaskan ada pintu masuk yang ditunjuk untuk memudahkan akses ke tempat-tempat shalat.

photo
Jamaah haji disabilitas menikmati fasilitas di Masjid al-Haram

Ada juga pena yang berfungsi sebagai pembaca Alquran dan memegangkan Alquran untuk jamaah yang tak bisa membawanya.

Salinan Alquran dan buku lainnya dalam huruf braile juga tersedia. Ada juga spesialis yang membantu dan membimbing jamaah berkebutuhan khusus.

Seorang jamaah umrah asal Mesir, Ahmed Badawi tidak pernah berharap ada layanan seperti itu di Kompleks Masjid al-Haram. 

Ada sejumlah layanan khusus lain di masjid-masjid suci, meliputi kursi roda yang diangkut dalam mobil golf ke area shalat, penentuan pintu masuk, menyediakan penerjemah bahasa bagi yang memiliki gangguan pendengaran atau bicara, tongkat untuk tuna netra, kursi roda listrik untuk tawaf.  

 

Redaktur : Nashih Nashrullah
Reporter : Umi Nur Fadhilah

BERITA LAINNYA