Pernah Lihat Kawah Gunung Berapi di Saudi? Ini Penampakannya
Rabu , 06 Feb 2019, 08:11 WIB

Alarabiya
Kawah gunung berapi di Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, Mendengar Arab Saudi, selalu yang terlintas adalah padang pasir dan perbukitan cadas. Tetapi, negara ini merupakan salah satu kawasan tua dalam sejarah peradaban manusia. 

Tidak hanya dalam konteks sejarah manusia yang hidup di kawasan ini, tetapi alam di negara petrodolar ini juga mempunyai alam yang eksotis dan juga tua. 

Kawah gunung merapi yang terletak di Harrat Khaybar. Kawasan yang berada di utara Madinah Arab Saudi ini mempunyai luas 12 ribu km persegi dan merupakan ladang vulkanik. Letusan terbaru terjadi antara 600 dan 700 sebelum Masehi. 

Seperti dikutip dari Alarabiya, NASA menyebut kawasan ini masuk kategori wilayah yang sangat langka di planet bumi. Bagi para pelancong, Harrat Khaybar merupakan rute favorit sepanjang sejarah. Kawah vulkanik yang berwarna putih terlihat sangat unik. 

Menurut pakar geologi Universitas King Saud, Abdul Aziz La’bun, warna putih yang sangat menarik dari kawah ini terbentuk akibat letusan dahsyat. Erupsi tersebut mengeluarkan gas dan debu yang mengandung unsure silicon.

“Kawah gunung putih ini sangat langka dan istimewa. Fenomena bumi yang menjadi incaran para pengkaji dan penikmat alam,” katanya. 

Bagi sebagian traveler, kawasan ini mempunyai daya tarikt tersindiri dibanding kawasan-kawasan wisata lain di Saudi. Di wilayah ini banyak tumbuh beraneka ragam tanaman. 

Abdullah al-Barrak misalnya. Dia mengunjungi situs ini bersama para pegiat vulkanik. Kunjungannya di kawasan ini memicu ketertarikan terhadap kajian geologi dan vulkanologi. “Saya selalu menyempatkan ke sana meski lokasinya terkadang sulit ditempuh,” tutur dia. 

 

Redaktur : Nashih Nashrullah

BERITA LAINNYA