Mengaminkan Doa Orang Tua di Arafah (3)
Ahad , 05 Oct 2014, 19:11 WIB

Sejumlah jamaah haji berdoa di bukit Jabal Rahmah saat melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Senin (14/10). (AP/Amr Nabil)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah

Semakin siang, semakin banyak pedagang pernak-pernik di Arafah. Penjual itu tidak dilarang karena berjualan di pinggir jalan aspal di antara maktab jamaah haji Indonesia.  

Di sisi lain, puluhan jamaah haji dihibur wisata unta, yakni foto bersama unta. Para jamaah haji tertarik melihat unta yang dihias bunga warna-warni tersebut.

Unta itu tidak untuk dinaiki keliling seperti odong-odong. Tapi hanya disewakan untuk foto bersama hewan khas Arab Saudi itu. Untuk berfoto bareng unta, para jamaah harus merogoh kocek 5 riyal atau sekitar Rp 17.000. Sekali foto dan langsung jadi.

Foto Polaroid berukuran 5x5 cm pun siap dikantongi jamaah. Beberapa jamaah malah mendokumentasikan diri di samping unta, tanpa menaikinya. Jadi gratis, tidak perlu membayar.

Antrean jamaah yang hendak naik unta ini cukup panjang, tapi senyum terus tersungging dan sesekali tertawa melihat unta naik perlahan-lahan membuat jamaah yang naik di atasnya limbung. Padahal, Menag Lukman Hakim Saifuddin pernah memberikan imbauan larangan jamaah mendekati unta.

Saat pagi hari ketika matahari belum muncul, puluhan jamaah haji memadati jalan aspal di luar maktab mereka. Para jamaah sedang menikmati udara pagi Arafah sembari berjalan-jalan.

Suhu udara masih bersahabat, karena sehari sebelumnya, hujan ringan mengguyur Padang Arafah saat jamaah haji tiba kali pertama.

Sebagian jamaah lain tampak duduk santai bersama teman-temannya di tempat yang disediakan. Di setiap maktab disediakan tempat duduk untuk sekadar bersantai jamaah haji.

Di antara para jamaah haji, ternyata ada satu keluarga yang mengaku sudah berangkat haji bersama-sama. Mereka tampak menyempatkan jalan-jalan pagi bersama di sekitar tenda Arafah.

Mereka berfoto untuk menambah kenangan selama di Padang Arafah. Bagaikan bertemunya Adam dan Hawa setelah beratus tahun saling mencari di muka bumi.


BERITA LAINNYA