Pintu King Malik Abdul Aziz Dibuka
Sabtu , 27 Agu 2016, 20:02 WIB

Didi Purwadi
Pintu King Malik Abdul Aziz

Laporan langsung wartawan Republika, Didi Purwadi dari Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Bab King Abdul Aziz, pintu utama Masjidil Haram, telah dibuka sejak Jumat (26/8). Pintu King Abdul Aziz sempat ditutup sekian lama karena ada proses perluasan Masjidil Haram.

Pintu ini sebenarnya belum sepenuhnya selesai, namun pintu utama yang diberi nomor 1 dari ratusan pintu masuk Masjidil Haram ini sudah dibuka. Ratusan jamaah terlihat berlomba masuk pintu King Abdul Aziz agar bisa dapat tempat di dalam Masjidil Haram untuk melakukan shalat Jumat.

Pembukaan pintu King Abdul Aziz menambah akses masuk ke Masjidil Haram. Hal ini juga memberikan keuntungan bagi jamaah haji Indonesia yang menempati pemondokan di wilayah Misfalah.  

Sebelumnya, jamaah yang datang dari arah Misfalah  dan Jarwal masuk lewat pintu King Fahd yang berada pada sisi sebelah kanan pintu utama. Pintu utama Masjidil Haram ini berhadapan langsung dengan Tower Zamzam.

Sementara, Khatib Shalat Jumat mengingatkan bahwa waktu terus berjalan tanpa seorang pun mampu menghentikan. Karenanya, sudah semestinya umat Islam untuk  bersegera menuju jalan takwa.

Khatib juga mengulas Maqam Ibrahim yang merupakan tempat Nabi Ibrahim berdiri ketika membangun Ka’bah bersama anaknya, Nabi Ismail. Menurut Khatib, Maqam Ibrahim menjadi bukti nyata kepatuhan dan keikhlasan Nabi Ibrahim terhadap perintah Allah SWT.

Redaktur : Citra Listya Rini
Reporter : Didi Purwadi

BERITA LAINNYA