Saudi Tambah Jadwal Kereta Cepat Haramain Selama Ramadhan
Rabu , 24 Apr 2019, 14:16 WIB

Republika/Irfan Junaidi
Kereta cepat di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH – Selama bulan suci Ramadhan, kereta api berkecepatan tinggi Haramain di Arab Saudi akan menambah jadwal operasi kereta setiap harinya. Perusahaan Kereta Api Saudi (SAR) menyatakan akan mengoperasikan 10 jadwal perjalanan harian Makkah-Madinah-Jeddah.  

Baca Juga:

Saat ini, kereta Haramain mengoperasikan delapan perjalanan harian. Namun di bulan puasa, jadwal perjalanan tersebut akan ditambah menjadi 10. Perjalanan itu akan ditingkatkan sesuai dengan intensitas lalu lintas dan permintaan dari penumpang. 

Kantor berita al-Watan, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (24/4), mengatakan bahwa pihak manajemen telah membuat rencana untuk menambah perjalanan harian menjadi 30 pada akhir tahun ini. 

Manajemen perusahaan memang ingin membuat lompatan besar dalam jadwal perjalanan kereta selama Ramadhan. Terutama, untuk perjalanan menuju Makkah atau Madinah dari Jeddah.  

Manajemen perusahaan juga mengatakan, akan ada sejumlah besar pemesanan tiket oleh pengunjung yang pergi ke Madinah. Mereka umumnya ke Madinah untuk memberi penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW dan beribadah di Masjid Nabawi.  

"Ramadhan adalah ujian bagi kemampuan kereta ini untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah penumpang yang menuju Makkah atau Madinah," demikian pernyataan SAR.  

Dikatakan, bahwa lebih dari 500 karyawan Saudi yang berkualitas direkrut untuk bekerja di departemen operasi dan kontrol.  

Penumpang yang datang dari luar tidak akan diizinkan untuk membawa barang bawaan mereka di kereta. Akan tetapi, barang tersebut akan diangkut ke tujuan mereka oleh Saudi Post.  

Ada empat stasiun utama untuk kereta saat ini. Namun, SAR mengatakan stasiun kelima akan ditambahkan ketika Bandara Internasional Raja Abdulaziz baru di Jeddah beroperasi penuh.  

Perusahaan mengatakan bulan lalu, bahwa layanan Internet gratis diperkenalkan di semua kompartemen untuk para penumpang. Kereta yang mulai beroperasi pada Oktober, ini telah mengangkut lebih dari 118 ribu penumpang.  

Redaktur : Nashih Nashrullah
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA