Saudi Kenalkan Gelang Berteknologi GPS untuk Jamaah Umrah
Rabu , 15 Mei 2019, 13:29 WIB

Antara/Aji Styawan
Suasana kota Makkah, dengan kompleks Masjidil Haram (tengah) terlihat dari dekat Gua Hira, di Jabal Nur (Bukit Cahaya), Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu (4/5/2019)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Komite Nasional untuk Haji dan Umrah Arab Saudi memperkenalkan gelang khusus bagi jamaah umrah. Gelang tersebut akan dilengkapi dengan teknologi GPS. Selain itu, gelang ini berisi semua data pribadi jamaah haji, termasuk nama, akomodasi, dan peta untuk membimbing jamaah bersangkutan selama menunaikan umrah.

Baca Juga:

CEO komite, Mohammed Bin Badi, mengatakan gelang tersebut akan diberikan kepada jamaah umrah pada saat kedatangan mereka di Kerajaan Saudi. Ia mengatakan, gelang tersebut akan berisi semua data jamaah, pergerakan mereka dan GPS untuk memandu mereka ke akomodasi, rumah sakit, pusat kesehatan dan tempat-tempat penting lainnya di Makkah dan Madinah.

"Dengan bantuan gelang ini, jamaah dapat langsung berkomunikasi dengan nomor darurat di Kerajaan," kata Badi, dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (15/5).

Badi melanjutkan, komite tersebut bekerja sama dengan perusahaan China untuk menyediakan layanan itu dengan spesifikasi pembuatan gelang tersebut. Selain itu, komite tersebut juga berupaya untuk menemukan solusi bagi masalah bagasi jamaah.

Pihaknya tengah mempertimbangkan untuk mengontrak perusahaan transportasi untuk mengambil bagasi dari titik kedatangan mereka ke tempat akomodasi mereka. Ia menambahkan, komite tengah mempertimbangkan untuk mendirikan sebuah perusahaan pemegang saham layanan umrah guna meningkatkan layanan bagi jamaah.

Redaktur : Muhammad Hafil
Reporter : Kiki Sakinah

BERITA LAINNYA