Kisah Pergi Haji dari Prancis

Rabu , 18 Jul 2018, 16:26 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Bersama jamaah asal Prancis usai melempar jumrah
Bersama jamaah asal Prancis usai melempar jumrah

Oleh: Yogi Willia Susanto*

 

Dengan waktu hanya beberapa bulan Alhamdulillah saya bisa berangkat haji. Mungkin jika mendaftar di Indonesia, entah berapa tahun harus menunggu. Inilah catatan saya dari pendaftaran hingga keberangkatan yang saya bagi dalam beberapa bagian.

"Labbaika allahumma labbaik. Labbaika laa syariikalaka labbaik. Innalhamda wanni’mata laka walmulka laa syariikalak"

Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, ya Allah aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat adalah milik-Mu semata-mata. Segenap kekuasaan milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-MU. (Hr.Bukhari)

Sebelumnya saya belum bermimpi atau lebih tepatnya belum memiliki tekad yang kuat untuk menunaikan ibadah haji, apalagi berangkat dari negara orang (Prancis). Namun Allah SWT berkehendak lain, mulai bulan ramadhan 2017, banyak sekali video dakwah yang di share melalui media sosial dan beberapa video yang saya tonton sangat menyentuh hati saya sehingga sedikit demi sedikit mimpi untuk menempuh perjalanan haji mulai terbangun. Dengan sebuah niat, kesempatan serta situasi yang mendukung, saya bulatkan tekad untuk pergi melaksanakan haji walaupun dengan persiapan yang minimum.

Perjalanan haji merupakan perjalanan “besar” bagi seorang Muslim sehingga dibutuhkan kesiapan paling tidak 3 hal prinsip yaitu fisik,mental dan materi. Karena perjalanan haji memiliki durasi waktu yang cukup lama yaitu 2-4 minggu dengan aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh aturan agama Islam, jadi saya sarankan diawal bahwa untuk menunaikan ibadah haji sebaiknya dipersiapan dengan sangat matang mulai dari jauh-jauh hari.

Sebelum melakukan pendaftaran, langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi tentang agen haji resmi yang berada di Montpellier atau sekitarnya termasuk mencari informasi dari kolega yang pernah melaksanakan haji dari Prancis. Dari pencarian internet saya dapatkan cukup banyak agen haji baik di sekitar Montpellier maupun wilayah Prancis lainnya dengan berbagi program dan harga yang bervariasi. Secara garis besar ada 3 jenis paket yang ditawarkan oleh agen haji di Prancis yaitu :

- Paket haji Court sejour : rata-rata 15 hari

- Paket haji normal : rata-rata 21 hari

- Paket haji confort : rata-rata 16 hari dengan fasilitas nyaman

Untuk harga sangat bervariasi mulai dari 4.300 euro sampai dengan 6.200 euro tergantung dari jenis maskapai penerbangan yang digunakan, hotel, fasilitas tenda di Mina dan makanan. Pengalaman saya setelah tukar cerita dengan teman-teman dari agen yang sama, biaya yang dibayarkan berbeda-beda walaupun fasilitas yang diterima sama. Jadi saran saya sebelum melakukan deal, sebisa mungkin lakukan negosiasi supaya mendapat harga yang lebih murah dari yang tertera di brosur.

 

suratdunia.com

suasana puncak haji di Masjidil Haram

 

Sepengetahuan saya pada tahun ini hanya ada tiga orang Indonesia dari 22.000 orang jamaah haji dari Prancis, yaitu satu pasang orang indonesia dan saya. Teman-teman saya dalam perjalanan haji dari Prancis hampir seluruhnya keturunan bangsa Arab (maghreb) dan mayoritas telah berumur lebih dari 55 tahun.

Pengalaman saya dalam group, penjelasan dari kyai atau pimpinan group dilakukan dalam bahasa Arab. Hal tersebut membuat saya harus berulang kali meminta penjelasan dalam bahasa prancis atau meminta teman sekamar untuk menjelaskan ulang mengenai apa yang telah dijelaskan oleh kyai.

Saran saya dalam hal ini sebaiknya tanyakan kepada agen untuk penjelasan akan dilakukan dalam bahasa apa. Jika dalam bahasa arab, kita harus pro aktif untuk meminta penjelasan ulang ke dalam bahasa yang dapat kita mengerti karena kita berhak mendapat seluruh informasi.

Secara garis besar, ada 6 tahapan ibadah wajib haji :

1. Tiba di kota Mekkah (diwajibkan niat dan berpakaian ihram)

2. Melakukan tawaf dan sa'i

3. Mabit/bermalam di Mina

4. Wukuf di Arafah

5. Mabit/bermalam di Muzdalifah

6. Melempar jumrah

Untuk lebih jelasnya proses ibadah haji dapat dilihat pada gambar berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*Penulis setahun silam pergi haji dari Prancis.

 
Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:30 04:30 11:51 15:03 17:53 19:01