BAZIS DKI: Sandi Donasikan Gajinya Sekitar 800 Juta

Senin , 22 Apr 2019, 12:07 WIB Reporter :Rahma Sulistya/ Redaktur : Teguh Firmansyah
Sandiaga Uno
Foto : Raisan Al Farisi/Republika
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sandiaga Uno mendonasikan gajinya kepada Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah (Bazis) DKI Jakarta saat menjabat sebagai wakil gubernur DKI selama delapan bulan. Total donasi diperkirakan sebesar Rp 800 juta.

 

Baca Juga

“Benar didonasikan ke Bazis DKI. Kurang lebih sekitar segitu (Rp 800 juta), tapi saya kurang pasti berapanya,” ungkap Kepala Bazis DKI Jakarta, Zahrul Wildan, saat dihubungi Republika.co.id, Senin (22/4).

Seusai dilantik menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, pada saat itu Sandiaga langsung mendatangi Bazis dan membuat semacam surat pernyataan bahwa gajinya bersedia dipotong. Sandiaga tidak menyebutkan secara spesifik kepada siapa saja bantuan akan diberikan karena ia mempercayakan semua dikelola oleh Bazis DKI.

“Oh tidak disebutkan spesifik, yang pasti diberikan kepada yang berhak menerima berdasarkan Alquran saja. Secara khusus sih setahu saya tidak ada. Yang jelas sudah ikhlas ya diberikan ke Bazis, dan Bazis yang mengelola penyalurannya sudah diserahkan kepada yang membutuhkan,” papar Wildan.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Wagub DKI, ia belum mengecek lagi apakah Sandiaga tetap mendonasikan uang miliknya ke Bazis DKI atau tidak. Karena, dikatakan Wildan, mungkin saja Sandiaga masih sibuk dan fokus dengan Pilpres 2019 ini dulu.

Sebelumnya, Sandiaga berjanji dalam debat capres-cawapres terakhir, bahwa dirinya akan memberikan seluruh gajinya kepada fakir miskin dan dhuafa, jika terpilih menjadi wakil presiden republik Indonesia 2019-2024. Sandi mengungkapkan bahwa hal serupa pernah ia lakukan saat berkampanye di DKI Jakarta bersama Anies Baswedan.

“Semua gaji saya akan saya berikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa. Allah sudah baik dengan saya, begitu juga Indonesia, sudah memberikan  begitu banyak rejeki kepada kami dan keluarga,“ kata Sandiaga di Jakarta.

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:58 WIB 15:18 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB