Seluruh Jamaah Haji Daqu Travel Sudah Berkumpul di Mina

Rabu , 30 Aug 2017, 20:40 WIB Redaktur : Irwan Kelana
Pembimbing haji Daqu Travel Ustaz Yusuf Mansur (kanan) dan Direktur Utama Daqu Travel  Ustaz Ahmad Jamil.
Foto : Dok daqu Travel
Pembimbing haji Daqu Travel Ustaz Yusuf Mansur (kanan) dan Direktur Utama Daqu Travel Ustaz Ahmad Jamil.

IHRAM.CO.ID, MINA -- Jamaah haji Daqu Tour & Travel (PT Al Amin Mulia Lestari) di bawah bimbingan Ustadz  Yusuf  Mansur tahun ini berjumlah 133 orang.  Mereka berangkat dari  Tanah Air, Sabtu (26/8).

 

“Saat ini mereka semuanya  sudah berada di Mina untuk persiapan wukuf  di Arafah besok (Kamis, 31/8).  Mohon doanya semoga lancar, semua sehat  dan mendapatkan predikat haji mabrur,” kata  Direktur Utama PT Al Amin Mulia Lestari  H. Ahmad Jamil  MA melalui pesan instan kepada Republika.co.id, Rabu (30/8).

Jamil menambahkan, suasana Mina pada Rabu siang belum terlalu ramai.  “Suasana Mina saat kami tiba belumlah terlalu ramai, mungkin karena tidak semua travel melaksanakan Tarwiyah,” ujarnya.

Jamaah Daqu Travel  yang terbagi di dua  maktab,  yaitu Maktab 114 dan Maktab 73 sejak semalam tanggal 8 Dzulhijjah 1438 sudah beranjak ke Mina untuk  Tarwiyah. Menurut Jamil, hal ini dilakukan semata untuk mengikuti sunnah Rasulullah SAW sebagaimana Hadits Muslim yang diriwayatkan dari shahabat Jabir bin Abdullah diterangkan “falammaa kaana yaumut tarwiyah tawajjahu ila Minna” (pada hari Tarwiyah, yakni 8 Dzulhijjah, Rasulullah SAW mengarahkan perjalanan menuju Mina).

Setiba di Mina,  jamaah berdoa (sebagaimana termaktub dalam kitab "Al Idhah fi Manasikil Hajj”  karya Imam Nawawi):

" الحمد لله الذي بلغنيها سالماً معافى، اللهم هذي مني قد أتيتها وأنا عبدك، وفي قبضتك، أسألك أن تمن عليَّ بما مننت به على أوليائك، اللهم إني أعوذ بك من الحرمان والمصيبة في ديني يا أرحم الراحمين"

Di Mina para jamaah melaksanakan berbagai macam ibadah, seperti shalat, tilawah, dzikir, doa dengan penuh harap dan merendahkan diri di hadapan Allah.  "Buat kami, Daqu Travel, Tarwiyah kami jalankan sebagai sarana belajar dan pematangan materi manasik, juga media pembelajaran untuk kesiapan mental dan ruhiyah jamaah,” tutur Jamil.

Dari depan maktab yang tidak jauh dari tempat melempar jumrah,  Ustaz Yusuf menginformasikan  melalui video yang dikirimkan kepada Republika.co.id, Rabu (30/8), bahwa jamaah haji Indonesia berangsur memasuki Mina. Lalu ia  mendoakan agar pelaksanaan haji tahun ini lebih baik, lancar semua, pada sehat semua, mabrur hajinya, diterima ibadahnya dan dikabul semua doanya.

“Juga, semoga kaum Muslimin Indonesia diundang Allah Ta'ala untuk melaksanakan ibadah haji pada  tahun-tahun yang akan datang," tutur Ustaz Yusuf  Mansur.

Lihat Video: http://m.republika.co.id/berita/video/berita/17/08/30/ovi1jg216-eksklusif-yusuf-mansur-calhaj-mulai-menempati-tenda-di-mina

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:57 WIB 15:18 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB