11 Rabiul Akhir 1441

Pengawas Haji Akui Fasilitas Manasik Palembang Lengkap

Selasa , 25 Sep 2018, 13:00 WIB Redaktur : Andi Nur Aminah
Lintasan sa'i di embarkasi haji terpadu di Palembang (ilustrasi)
Lintasan sa'i di embarkasi haji terpadu di Palembang (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Komisi Pengawas Haji Indonesia menyatakan fasilitas manasik haji di Asrama Haji Palembang cukup lengkap sehingga jamaah dapat memanfaatkan sebaik mungkin. "Fasilitas manasik sudah lengkap dan itu nantinya dapat dimanfaatkan dalam bimbingan haji," kata komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) Syamsul Ma'arif di Palembang, Selasa (25/9).

Dia mengatakan hal itu karena di Asrama Haji Palembang terdapat replika Ka'bah ukuran sebenarnya, lintasan sa'i, tempat melempar jumrah, dan maket pesawat. Ia menyebut Embarkasi Palembang lebih unggul daripada di daerah lainnya, terutama fasilitas manasik yang sudah lengkap. "Yang jelas, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Embarkasi Palembang dibanding daerah lainnya karena di sini ada replika Ka'bah ukuran sebenarnya, lintasan sa'i, tempat melempar jumrah, dan mockup (maket) pesawat," katanya.

Ia mengatakan semua fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat latihan calon jamaah haji. Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada tersebut, maka calon jamaah haji akan semakin memahami rukun dan wajib haji.

Apalagi, kata dia, masih ada jamaah Indonesia yang benar-benar belum memahami secara baik pelaksanaan rukun Islam kelima tersebut. Ia menyebut menjadi tugas bersama berbagai pihak terkait dalam meningkatkan kualitas ibadah haji, melalui manasik.

Ia juga mengatakan mengenai pelayanan pemberangkatan dan penyambutan jamaah di Embarkasi Palembang yang sudah baik dan tidak ada masalah. Pelaksana Tugas Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Selatan Muhammad Ali mengatakan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Palembang berjalan lancar. "Kesemuanya itu berkat dukungan dan kerja keras panitia sehingga jamaah haji daerah ini terlayani dengan baik," tambah dia.

 

 
Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:06 04:06 11:39 14:59 17:50 19:02