Kemenag Banyumas Persiapkan Jadwal Manasik

Rabu , 27 Feb 2019, 18:18 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Manasik Haji
Foto : Antara
Manasik Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tengah mempersiapkan jadwal bimbingan manasik untuk calon haji.

 

"Proses pembuatan paspor sudah hampir tuntas sekarang kami menyiapkan jadwal bimbingan haji dan menunggu petunjuk pelaksana terkait hal itu," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Rabu (27/2).

Dia menjelaskan hari ini adalah hari terakhir jadwal pembuatan paspor calon haji.

"Jadwal pembuatan paspor calon sudah dilaksanakan mulai 18 Februari 2019 dan akan berakhir hari ini 27 Februari 2019," katanya.

Sementara jadwal bimbingan manasik haji di tingkat kabupaten dijadwalkan sebanyak dua kali dan tingkat kecamatan sebanyak enam kali. Tahun 2018 lalu bimbingan manasik haji tingkat kabupaten dilaksanakan di GOR Satria Purwokerto namun terkait jadwal dan lokasi untuk tahun 2019 ini masih dilakukan pembahasan.

Setelah itu, tambah dia, akan dilakukan rekam biometrik yang di antaranya termasuk rekam sidik dan dokumen penting lain untuk perjalanan haji.

"Terkait rekam biometrik belum ada keputusan dari Kementerian Agama, namun pada tahun yang lalu dilakukan di embarkasi haji. Untuk tahun ini kami masih menunggu informasi lebih lanjut," katanya.

Setelah itu, tambah dia, pihaknya juga akan menjadwalkan pengurusan visa calon haji. "Kami menunggu jadwal terkait pengurusan visa tersebut," katanya.

Sebelumnya, Kantor Kemenag Banyumas juga menginformasikan bahwa jumlah calon haji tahun 2019 di wilayah setempat sebanyak 1.177 orang. "Jumlah calon haji tahun 2019 ini sebanyak 1.147 orang, cadangan 30 orang, jumlah keseluruhan 1.177 orang," kata Purwanto Hendro Puspito.

Dia menjelaskan, 1.147 calon haji noncadangan berada di porsi aman provinsi Jawa Tengah, yang berarti nomor antrean calon haji yang tercantum di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sudah mendapat nomor porsi.

"Yang dimaksud dengan porsi aman berarti nomor antrean calon haji yang tercantum pada siskohat pada saat mendaftar haji pada setoran awal Rp25 juta di BPS BPIH mendapat nomor porsi yang Insya Allah pada tahun 2019 akan berangkat sesuai alokasi kuota provinsi Jawa Tengah," katanya menjelaskan.

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:57 WIB 15:18 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB