18 Rabiul Awwal 1441

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umrah

Selasa , 05 Mar 2019, 17:38 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Ilustrasi Jamaah Umrah
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Melaksanakan umrah merupakan bagian bukti keimanan Muslim dalam memenuhi panggilan Allah SWT. Ibadah umrah juga dapat menyiasati lamanya daftar tunggu haji saat ini.

 

Begitu banyak keutamaan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang melaksanakan ibadah umrah atas dasar keimanan. Ustaz H Hasbullah menyampaikan, di antara keutamaan yang didapat oleh umat Nabi Muhammad SAW yang melaksanakan umrah adalah dihapusnya dosa seorang hamba oleh Allah SWT.

Baca Juga

"Antara umrah yang satu dan lainnya, itu akan menghapus dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga," HR Al Bukhari dan Muslim.

Selain mendapat penghapusan dosa, keutamaan lain menjalankan ibadah umrah adalah mendapat pahala silaturahmi. Rasulullah SAW dalam hadisnya mengatakan, "Barang siapa yang menziarahiku setelah aku meninggal sama dengan menziarahiku semasa hidupku."HR Al-Baihaqi, Syu'ab Al-Iman.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa sesungguhnya Nabi SAW bersabad "Shalat di masjidku ini lebih baik dari seribu kali shalat di tempat lain, kecuali Masjid Al-Haram" HR.Al-Bukhari. Dan shalat di Masjid Al-Haram lebih utama dari seratus ribu kali shalat. (Imam Suyuti,Syarah Ibn Majah). Atas dasar itulah ibadah umrah begitu diminati umat Islam selain ibadah haji yang saat ini daftar tunggunya mencapai puluhan tahun.

 

 
Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:05 04:05 11:40 15:02 17:52 19:05