Penerbangan Haji Pindah ke Kertajati, Tarif Tiket Tetap

Jumat , 10 Mei 2019, 14:34 WIB Reporter :Rahayu Subekti/ Redaktur : Friska Yolanda
Suasana Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang masih sepi setelah enam bulan beroperasi. Padahal fasilitas dan bangunan yang dibuat sudah bertaraf internasional seperti Terminal 3 Bandara Soetta.
Foto : Republika/Rahayu Subekti
Suasana Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang masih sepi setelah enam bulan beroperasi. Padahal fasilitas dan bangunan yang dibuat sudah bertaraf internasional seperti Terminal 3 Bandara Soetta.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah saat ini tengah menghitung berapa jumlah kloter calon jamaah haji dan umrah yang tahun ini akan dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan meski ada pemindahan, namun tarif tiket tidak akan berubah.

 

"Insya Allah sama. Jaraknya (dibandingkan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta) relatif sama," kata Budi di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (10/5).

Baca Juga

Dengan adanya pemindahan tersebut, Budi menegaskan pemerintah terkait juga akan menyiapkan semua kebutuhan. Salah satunya hotel, kata Budi, sebagai embarkasi haji sudah direncanakan akan ditetapkan di Cirebon.

Selain itu, Budi mengatakan dari sisi penerbangan juga akan disiapkan jika ada sekitar empat ribu calon jamaah haji yang dipindah ke Kertajati. "Penerbangan kan cuma mindahin saja. Yang tadi Jeddah dari Soekarno Hatta pindahin ke Kertajati. Terus ketiga, penyelenggara juga sudah oke," ungkap Budi. 

Sebelumnya, pemerintah tengah menghitung angka pasti jumlah kloter jamaah haji dan umrah yang keberangkatannya akan dipindah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati. Budi mengatakan angka pasti jumlah kloter jamaah haji dan umrah yang dipindah ke Bandara Kertajati akan segera diputuskan.

"Jadi (jumlah kloter) segera diputuskan semua haji dan umroh untuk Jawa Barat bagian Timur itu ada Majalengka, Subang, Indramayu, Cirebon, Tasik, Ciamis, itu ke sana (Bandara Kertajati)," kata Budi. 

Budi mengatakan saat ini diperkirakan akan ada 20 kloter haji yang penerbangannya akan dipindah melalui Bandara Kertajati. Dia memperkirakan, hal tersebut berarti ada sekitar empat ribu calon jamaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati.

Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:32 WIB 04:42 WIB 11:58 WIB 15:19 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB