11 Rabiul Akhir 1441

Agar Anak Paham Soal Ibadah Haji

Ahad , 16 Jun 2019, 16:30 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kabah
Kabah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Menjelang puncak musim haji, anak-anak akan kerap mendengar berita tentang perjalanan haji yang dilakukan oleh sejumlah Muslim. Namun, banyak dari mereka yang tidak paham apa itu haji.

Ketika anak-anak bertanya tentang hal tersebut kepada orang tuanya, para orang tua kerap kesulitan untuk memberikan penjelasan. Seperti dikutip On Islam, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjelaskan hal-hal terkait ibadah haji dengan cara yang mudah kepada anak-anak. 

Pertama, tentu saja siapkan buku-buku ataupun gambar-gambar yang menceritakan soal haji. Jawablah pertanyaan mereka berdasarkan buku atau artikel tentang haji. Sehingga, anak-anak yakin bahwa apa yang orang tua jelaskan benar dan telah diterangkan dalam sebuah buku. Orang tua juga memerlukan foto, gambar, poster, video, atau peta agar penjelasan yang diberikan lebih menyenangkan.

Dalam menjelaskan soal haji, orang tua perlu menggarisbawahi sejumlah latar belakang sejarah dan beberapa konsep keimanan dalam Islam. Di antaranya, tentang lima rukun Islam yang salah satunya adalah perintah untuk menjalankan ibadah haji bagi para Muslim yang mampu. Ceritakan pula tentang Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya untuk menunjukkan keimanannya kepada Allah. Selain itu, jelaskan bagaimana Muslim dengan berbagai keragamannya berkumpul di Tanah Suci untuk menyembah Allah. 

Agar membuat penjelasan soal haji menjadi lebih menarik, orang tua dapat menyediakan model Ka’bah yang dibuat dari kardus bekas yang dicat hitam. Demonstrasikan bagaimana Muslim melakukan tawaf mengelilingi Ka’'bah sambil memuja kebesaran Allah. Ajak pula sang anak untuk ikut melakukannya. Akan lebih menarik bila orang tua juga membuat model pakaian ihram untuk anak-anak agar mereka mengetahui pakaian seperti apa yang dipakai saat melaksanakan ibadah haji. 

Jangan lupa jelaskan apa perbedaan melakukan perjalanan haji dengan perjalanan wisata biasa. Selain itu, apa saja yang dilakukan oleh para Muslim di Arafah, Muzdalifa, dan Mina. Jelaskan manfaat menjalankan haji. Bagaimana haji bisa membuat Muslim menjadi lebih baik ibadah dan keimanannya sekembali dari perjalanan haji. 

Bila penjelasan yang diberikan telah cukup lengkap, tidak ada salahnya untuk membuat quiz atau memberikan sejumlah pertanyaan kepada sang anak tentang haji. Ini agar orang tua tahu seberapa banyak mereka paham dan ingat tentang apa yang telah dijelaskan.

 
Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:06 04:06 11:39 14:59 17:50 19:02

widget->kurs();?>