11 Rabiul Akhir 1441

Vaksinasi Meningitis Calhaj Bogor tak Perlu Lagi ke Jakarta

Rabu , 26 Jun 2019, 21:27 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Seorang petugas memberikan suntikan vaksin meningitis kepada calon jamaah haji.
Seorang petugas memberikan suntikan vaksin meningitis kepada calon jamaah haji.

IHRAM.CO.ID, BOGOR— Bogor (ANTARA) - Kota Bogor Jawa Barat memiliki tempat pusat vaksin meningitis untuk para calon jamaah haji dan umrah, yang tersedia di Rumah Sakit (RS) Azra Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Baca Juga

"Sejak bulan lalu alhamdulillah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah memberikan izin kepada kita untuk mengeluarkan buku kuning keperluan haji. Biasanya vaksin meningitis haji umrah itu di KKP Jakarta atau rumah sakit di Jakarta," ujar Direktur Administrasi Umum dan Keuangan RS Azra, Muhammad Rangga Aditya, saat peresmian pusat vaksin RS Azra, di Bogor, Rabu (26/6).

Menurutnya, sejak peluncuran pusat vaksin meningitis di RS Azra bulan lalu, pihaknya sudah melayani sekitar 25 pasien. Karena, vaksin meningitis ini bukan hanya diperlukan calon jamaah haji dan umrah untuk ke Arab Saudi, melainkan juga keperluan untuk perjalanan ke negara lain.

"Jadi bahaya dari penyakit meningitis itu langsung menyerang langsung otak dimana itu bisa menyebabkan kematian. Vaksin untuk mencegah, kalau tidak orang bisa terjangkit," kata Rangga.

Meski baru melayani 25 pasien untuk vaksin, Rangga memperkirakan ketika operasional pusat vaksin di RS Azra berjalan optimal, pihaknya bisa melayani 100 pasien per hari. 

Manajer Medis RS Azra, dr Dieni Ananda Putri di tempat yang sama mengatakan, khusus pelayanan pusat vaksin di RS Azra pihaknya menyiapkan dua dokter yang sudah tersertifikasi, serta satu perawat yang sudah terlatih.

"Mungkin kalau seandainya nanti banyak kita akan latih banyak perawat untuk tindakan. Saat ini kita fokus pada vaksin meningitis karena masih fokus pada perjalanan haji dan umrah," kata Dieni.

 

 

 
Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:06 04:06 11:39 14:59 17:50 19:02

widget->kurs();?>