Saudi Siapkan 230 Ribu Kuota Jamaah Haji Domestik

Ahad , 30 Jun 2019, 04:00 WIB Reporter :Riza Wahyu Pratama/ Redaktur : Andri Saubani
Ilustrasi Jamaah Haji menelepon (Foto & Editing: Yogi Ardhi/Republika
Ilustrasi Jamaah Haji menelepon (Foto & Editing: Yogi Ardhi/Republika

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengumunkan, sebanyak 230 ribu kuota haji disediakan bagi Warga Negara Arab Saudi. Kuota tersebut juga diperuntukkan bagi ekspatriat yang akan melakukan ibadah haji.

 

Kementerian Haji dan Umrah mengatakan, pemesanan kuota akan dimulai pada hari Kamis. Pemesanan dapat dilakukan melalui laman elektronik, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, Sabtu (29/6). Kementerian Haji dan Umrah memperingatkan, proses registrasi hanya dapat dilakukan melalui portal elektronik. Ditegaskan, proses registrasi tidak dilakukan melalui jalur lain.

"Reservasi hanya dilakukan melalui portal elektronik," kata pejabat kementerian.

Mereka akan meningkatkan kemampuan peladen agar dapat diakses dengan baik. Khususnya, saat hari pertama pembukaan pendaftaran.

Salah satu anggota kantor Haji lokal, Mohammed Saad Al-Qurashi mengatakan, pada tahun ini terdapat sekitar 180 perusahaan yang mendapatkan lisensi haji. Mereka dapat menyediakan layanan haji bagi jamaah domestik dan ekspatriat.

Sementara itu, pembangunan Tawafa bagi jamaah haji dari negara Arab telah dimulai. Setidaknya disiapkan bangunan bertingkat bagi 350 ribu jamaah haji dari 19 negara.

Pembangunan itu dilakukan dibawah pengawasan Kementerian Haji dan Umrah. Hal itu telah disetujui oleh otoritas pembangunan wilayah Mekah. Disebutkan, pembangunan itu digunakan untuk tambahan akomodasi bagi 40 persen jamaah haji.

Kepala proyek pembangunan, Abbas Qattan mengatakan, Kantor Pertahanan Sipil telah menyetejui dalam hal pengamanan bangunan bertingkat tersebut. Kemudian, sebanyak 48 kantor layanan lapangan akan dibentuk guna menilai kenyamanan para jamaah. Hal itu akan dijadikan sebagai dasar pertimbangan proyek pada tahun mendatang.

Di sisi lain, kepala pembangunan Tawafa untuk jamaah Asia Tenggara menyatakan, disiapkan bangunan untuk 570 ribu lebih jamaah. Mereka akan diatur melalui 140 kantor lapangan dengan 16.659 petugas.

"Sekitar 400 ribu jamaah akan menggunakan transportasi bus. Sedangkan 140.917 lainnya akan menggunakan kereta Mashaer," ujarnya.

Selanjutnya, kepala proyek tersebut mengatakan, disiapkan pula sarana distribusi 7,8 juta makanan dan 2,3 juta air zamzam bagi para jamaah. Sementara pada tahun lalu, telah diperkenalkan tempat tidur bunker bagi 65 ribu jamaah. Disebutkan, hal itu akan ditingkatkan jumlahnya menjadi 150 ribu pada tahun ini.

 
Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:29 04:29 11:51 15:01 17:52 19:00

widget->kurs();?>