11 Safar 1442

Jamaah Kloter Satu Jabar Tiba di Asrama Haji Bekasi

Sabtu , 06 Jul 2019, 14:38 WIB Reporter :Febryan A./ Redaktur : Ani Nursalikah
Petugas sedang memasangkan gelang identitas pada salah seorang Jamaah Calon Haji Kloter 1 dari Kabupaten Bogor di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kota Bekasi, Sabtu (6/7).
Petugas sedang memasangkan gelang identitas pada salah seorang Jamaah Calon Haji Kloter 1 dari Kabupaten Bogor di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kota Bekasi, Sabtu (6/7).

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- Calon jamaah haji kloter satu Jawa Barat (Jabar) telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Margajaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Sabtu (6/7) pukul 11.30 WIB. Kloter ini terdiri dari 404 orang jamaah yang berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

Baca Juga

Salah seorang calon jamaah haji, Yusuf (53 tahun), mengatakan, kloter satu berangkat dari Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, pukul 09.00 WIB. Jamaah sampai pukul 11.30 WIB, terlambat setengah jam dari jadwal yang direncanakan panitia pukul 11.00 WIB.

Sebelum masuk ke asrama untuk beristirahat, semua jamaah terlebih dahulu dikumpulkan di Aula Kedatangan guna melakukan proses registrasi. Petugas membagikan gelang identitas, perlengkapan kesehatan, paspor, dan uang saku bagi setiap jamaah.

"Kita berikan living cost atau uang saku itu 1.500 riyal atau setara Rp 6 juta," kata Ketua Bidang Living Cost Pantia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Barat, Wahyudi, Sabtu.

photo

Jamaah calon haji Kabupaten Bogor, di Asrama Haji Embarkasi Bekasi (6/7).

Wahyudi menuturkan, uang saku dalam mata uang riyal itu diberikan dalam berbagai pecahan. Menurut dia dana sebesar itu cukup untuk semua kebutuhan jamaah selama di Tanah Suci.

"Makan kan sudah kita sediakan disana," kata Wahyudi.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jabar Azam Mustazam, mengatakan, selain membagikan uang saku dan paspor, jamaah selama di Asrama Haji juga akan diberikan bimbingan. "Kloter 1 siap diberangkatkan sesuai dengan jumlah, kalaupun ada tertunda akan diberangkatkan di kloter berikutnya," kata Azam.

Berdasarkan data jadwal keberangkatan jamaah haji yang diterima Republika.co.id, calon jamaah haji untuk kloter 1 ini akan diberangkatkan menuju bandara Soekarno-Hatta, Ahad (7/7) pukul 05.00 WIB. Jamaah akan lepas landas menuju Tanah Suci pukul 10.00 WIB.

Azam menambhakan, tahun ini jamaah tidak perlu lagi menunggu higga empat jam seperti tahun lalu setiba di Arab Saudi. Tahun ini jamaah bisa langsung menuju penginapan masing-masing.

photo

Koper Jamaah Haji Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Kota Bekasi, Sabtu (6/7).

"Jamaah diantar begitupun kopernya sudah langsung diantar ke asrama, jadi jamaah tidak direpotkan," ujar Azam.

Hari ini telah dijadwalkan kedatanag empat kloter pertama Provinsi Jawa Barat. Setelah Kloter 1 dari Kabupaten Bogor selesai melakukan registrasi dan masuk ke kamar masing-masing di asrama, selanjutnya akan datang kloter Kloter 2 dari Kabupaten Cianjur, Kloter 3 dari Kabupaten Bandung dan Kloter 4 dari Kota Bekasi.

Adapun jumlah total Jamaah Calon Haji dari Provinsi Jawa Barat untuk ibadah haji 1440 Hijriyah adalah sebanyak 38.913 orang. Jamaah dibagi kedalam 97 kloter.

"Harapan kami khususnya orang Jawa Barat, doakan supaya warga kita saudara kita bisa melaksakan ibadah haji tahun ini dengan lancar," ujar Azam.

 

widget->kurs();?>