17 Safar 1441

Jamaah Haji Diminta Jaga Stamina Selama di Tanah Suci

Kamis , 11 Jul 2019, 15:23 WIB Reporter :Arie Lukihardianti/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.
Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Calon jamaah haji diimbau untuk tidak mengabaikan faktor kesehatan ketika nanti di Tanah Suci. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari.

 

Dia menuturkan pengalamannya dahulu saat menunaikan ibadah haji. Banyak jamaah yang sepertinya lupa menjaga kondisi fisik. Mereka terlalu fokus pada aspek ibadah sehingga melalaikan asupan makan-minum.

Baca Juga

Maka dari itu, Ineu meminta seluruh calon jamaah haji asal Jawa Barat untuk tetap menjaga stamina selama beribadah di Tanah Suci. Apalagi, cuaca di sana diprediksi terpengaruh gelombang panas.

"Saya imbau untuk seluruh jamaah calon haji asal Jawa Barat jaga kondisi fisik selama di sana. Apalagi, kan selama beribadah di Tanah Suci akan menghadapi cuaca panas ya, gelombang panas dan angin ya," ujar Ineu Purwadewi Sundari kepada wartawan, Kamis (11/7).

Ineu pun mengingatkan mereka agar memperbanyak asupan minum. Jangan sampai tubuh dehidrasi. "Kan saking takjub dan khusuknya bisa haji, bisa ibadah, di sana sampai suka lupa makan. Banyak jamaah yang daripada balik ke maktab (penginapan), akhirnya hanya di masjid saja. Tidak berpikir bahwa perut kosong," paparnya.

Ineu pun, mendoakan kepada seluruh calon jamaah haji, khusunya yang berasal dari Jawa Barat, supaya diberikan kelancaran selama menjalankan ibadah haji.

"Saya mengajak seluruh warga Jawa Barat juga untuk bersama-sama mendoakan saudara-saudara kita diundang oleh Allah untuk menjalankan ibadah haji tahun supaya mereka senantiasa diberikan kelancaran dalam beribadah dan menjadi haji yang mabrur," ujar Ineu.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, kloter pertama jamaah calon haji asal Jawa Barat diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Tanah Suci, Arab Saudi, setelah melalui proses pemondokan di Asrama Embarkasi Haji Bekasi, pada Ahad (7/7).

Kloter pertama jamaah calon haji yang merupakan jamaah dari Kabupaten Bogor, Sabtu mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Bekasi dan akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, pada Ahad (7/7) pagi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Barat, Buchori, mengatakan jumlah anggota jamaah haji Jawa Barat tahun ini terdiri atas 38.913 orang yang terbagi dalam 97 kelompok terbang atau kloter.

Selain itu, ada 285 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 485 petugas kloter dan kesehatan sehingga secara keseluruhan jamaah yang berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji sekitar 39.683 orang. N Arie Lukihardianti

 
Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:15 04:15 11:41 14:48 17:49 18:58

widget->kurs();?>