22 Safar 1441

Demi Keamanan, Jamaah Haji Diminta tak Bawa Perhiasan

Kamis , 11 Jul 2019, 17:49 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Friska Yolanda
Jaetul Muchlis
Jaetul Muchlis

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Tidak lama lagi, jamaah calon haji asal Indonesia mulai berdatangan ke Tanah Suci Makkah, baik dari Madinah maupun dari Tanah Air. Jamaah haji diminta membawa barang secukupnya dan menghindari membawa barang mencolok.

 

Kabid Perlindungan Jamaah PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jamaah ketika baru datang ke Makkah. Di antaranya yaitu, dia mewanti-wanti agar jamaah haji tidak membawa perhiasan dan barang-barang berharga ke Tanah Suci. Apalagi, sampai harus dibawa ke Masjidil Haram.

Baca Juga

"Sebaiknya dari Tanah Air tidak usah membawa-bawa barang seperti itu," kata Jaetul usai berkoordinasi dengan personel sektor khusus di Hotel Jad Al Shesa, Kota Makkah, Kamis (11/7).

Living cost pun, yang diberikan kepada jamaah haji saat masih berada di asrama haji embarkasi, sebaiknya ketika sudah berada di Makkah, tidak dibawa-bawa ke Masjidil Haram. Dikhawatirkan, uang tersebut akan tercecer atau jatuh.

"Dan, ini juga bisa memicu adanya tindakan kriminal dari orang lain," kata Jaetul.

Jaetul juga berpesan, agar jamaah selalu merasa nyaman, sebaikanya jika bepergian, upayakan selalu berada dalam rombongan atau kelompoknya. "Diupayakan lagi, dalam rombongan itu ada laki-lakinya," katanya.

Jaetul mengatakan, jika menemui kesulitan selama berada di Makkah, langsung saja menghubungi petugas haji. Sehingga, dia juga berpesan agar petugas haji selalu mengenakan pakaiannya resmi petugasnya selama berada di Makkah dan Masjidil haram. Hal tersebut untuk memudahkan jamaah mengenali adanya petugas di sekitar mereka.

 
Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:13 04:13 11:40 14:51 17:48 18:58

widget->kurs();?>