Shalawat Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Makkah

Senin , 15 Jul 2019, 05:14 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Ratna Puspita
Jamaah tiba di Bir Ali untuk mengambil miqat, niat haji dan umrah, Ahad (14/7) di Madinah. Setelah shalat dua rakaat jamaah diberangkatkan menuju Makkah.
Jamaah tiba di Bir Ali untuk mengambil miqat, niat haji dan umrah, Ahad (14/7) di Madinah. Setelah shalat dua rakaat jamaah diberangkatkan menuju Makkah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kloter 1 Surabaya menjadi jamaah haji Indonesia pertama yang tiba di Kota Makkah, Ahad (14/7) malam. Mereka tiba pada pukul 20.30 WAS di Hotel Al Oskh di Sektor 6, Mahbas Jin.

 

Kedatangan mereka disambut oleh Konjen RI di Jeddah Hery Saifuddin dan Ketua PPIH Arab Saudi Endang Jumali. Selain itu, mereka didampingi oleh Ketua Muasassah Asia Tenggara, Indragiri.

Baca Juga

Jamaah haji juga disambut oleh lantunan shalawat yang diiringi rebana, yang memainkan adalah putra-putri Arab. Selain melantunkan shalawat, pemuda-pemudi Arab itu juga melemparkan bunga kepada jamaah. Ini merupakan bentuk sambutan selamat datang.

Jumlah kloter 1 Surabaya yang datang berjumlah 450 orang. Mereka yang dibagi dalam 10 rombongan datang dengan 7 unit bus.

Jamaah tertua di kloter ini adalah Sukinah yang berusia 93 tahun asal Kabupaten Magetan. Dia ditemani oleh anak ketiganya yaitu Sunarti yang berusia 67 tahun.

Sejak turun dari bus, Sukinah ditempatkan di kursi roda dan pergerakannya selalu didampingi oleh petugas. Begitu juga dengan jamaah lansia lainnya, mereka ada yang duduk di kursi roda atau menggunakan tongkat. Semuanya dibantu oleh petugas.

Konjen RI di Jeddah Hery Saifuddin mengatakan, pergerakan jamaah dari Madinah ke Makkah berlangsung lancar. Dia mengapresiasi koordinasi yang dilakukan oleh PPIH dan Muasassah dalam melayani jamaah.

"Ini harus tetap dipertahankan," kata Hery.

Menurut Hery, mulai Senin jamaah haji Indonesia mulai memasuki fase ibadah kedua. Di mana, fase ini dilakukan di Kota Makkah setelah sebelumnya melakukan Arbain di Madinah.

Hery berharap, semua jamaah haji dalam keadaan sehat selalu sebab mereka akan berada di Kota Makkah selama 30 hari. "Semoga sehat selalu dan menjadi haji mabrur," kata Hery.

 
Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:57 WIB 15:17 WIB 17:55 WIB 19:06 WIB

widget->kurs();?>