4 Jumadil Akhir 1441

Perjuangan Buruh Tani Warga Tasikmalaya untuk Naik Haji

Selasa , 16 Jul 2019, 21:20 WIB Reporter :Bayu Adji P/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Saepudin dan Hani, dua calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (16/7). Pasangan suami istri yang berprofesi sebagai buruh tani itu menabung belasan tahun untuk berangkat ke tanah suci.
Foto : Republika/Bayu Adji P
Saepudin dan Hani, dua calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (16/7). Pasangan suami istri yang berprofesi sebagai buruh tani itu menabung belasan tahun untuk berangkat ke tanah suci.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Saepudin Tarmidin Saud (54 tahun) dan Hani Januji Madkasan (70) duduk di ruang tamu rumahnya yang beralamat di RT 07/10 Kampung Lengkong, Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sejumlah warga berkumpul di teras rumah pasangan suami istri tersebut. Mereka merasa gembira sekaligus terharu lantaran keduanya akan berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah haji pada Kamis (18/7) mendatang. Saepudin dan Hani akan ikut bersama rombongan kloter 43 dari Kabupaten Tasikmalaya.

Wajah mereka berdua cerah. Sesekali keduanya menebar senyum kepada warga yang datang. Bagaimanapun, tak jarang Hani tak kuasa menahan haru. Sudut matanya hampir meneteskan tangis. Ia masih tak percaya, mimpi besarnya berangkat ke Tanah Suci akan segera terwujud dalam beberapa hari lagi.

Kehidupan pasangan paruh baya itu cenderung sederhana, bahkan seadaanya. Penghasilan Saepudin sebagai buruh tani tak seberapa. Sehari-hari, ia biasa mencari rumput ke kebun atau bertani di sawah menggunakan sebilah arit dan cangkul andalannya.

Dalam satu hari, Saepudin mengaku hanya berpenghasilan Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Di tengah kondisi demikian, tekadnya memenuhi panggilan ke Baitullah tak padam. Sedikit demi sedikit, ia menyisihkan sejumlah uang ke tabungan, untuk mewujudkan mimpinya menunaikan Rukun Islam kelima.

"Ya penghasilan paling Rp 30 ribu, Rp 10-20 ribu disisipkan per hari untuk naik haji," kata dia saat ditemui Ihram.co.id, Selasa (16/7).

 
Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:23 WIB 04:33 WIB 12:07 WIB 15:29 WIB 18:19 WIB 19:33 WIB