Kantor Haji Daker Madinah Terima Puluhan Kursi Roda

Jumat , 19 Jul 2019, 02:08 WIB Reporter :Syahruddin El-Fikri/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Seorang petugas membantu jamaah yang menggunakan  kursi roda saat tiba di pemondokan di Madinah, Rabu (17/7)  pagi waktu Arab Saudi. Rata-rata sekitar 20-25 jamaah dalam setiap kloter menggunakan kursi roda.
Foto : Republika/Syahruddin El-Fikri
Seorang petugas membantu jamaah yang menggunakan kursi roda saat tiba di pemondokan di Madinah, Rabu (17/7) pagi waktu Arab Saudi. Rata-rata sekitar 20-25 jamaah dalam setiap kloter menggunakan kursi roda.

Sebelum dipakai jamaah, kursi roda yang diterima kantor urusan haji Madinah dicek terlebih dahulu. Hal itu untuk menghindari adanya kekeliruan.

 

“Karena antara sektor yang satu dengan yang lainnya lumayan memutar, sehingga harus dipastikan mana untuk sektor tertentu dan mana sektor yang lain,” kata dia.

Anang mengakui, di setiap kelompok terbang (kloter) jamaah haji, terdapat beberapa jamaah yang mesti menggunakan kursi roda. Bahkan, dalam satu kloter bisa mencapai hampir seratus orang dengan kursi roda.

Selain itu, tambahnya, ada pula kursi roda milik jamaah haji Indonesia yang ditemukan di sekitar Masjid Nabawi. Ini juga menjadi urusan PPIH. “Karena ada namanya yang sudah mereka tulis sendiri,” lanjutnya.

Pada Rabu (18/7) malam, Ihram.co.id berjumpa dengan seorang jamaah yang kehilangan kursi roda. Ia pun kemudian diizinkan petugas atau pengelola Masjid Nabawi untuk menggunakan kursi roda yang ada di rumah ibadah tersebut. “Alhamdulillah, dipinjami,” kata Mulyani, seorang jamaah asal Bantul.

Ia bercerita, pada malam sebelumnya ia kehilangan kursi roda ketika shalat. Namun saat keluar masjid atau tempat ia shalat, kursi rodanya sudah tidak ada lagi.

“Semoga nanti kursi rodanya ditemukan,” terangnya.

Mulyani hanya memikirkan bagaimana nantinya jika kursi rodanya belum ditemukan saat ia akan berangkat ke Makkah. “Saya khawatirnya nanti saat di Makkah atau di Arafah. Apakah saya perlu beli lagi,” ujarnya bertanya.

Dan dia berharap, petugas haji Indonesia dapat menemukan kursi rodanya. “Ada nama saya lengkap,” ujar dia.

 
Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:32 WIB 04:42 WIB 11:58 WIB 15:19 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB