Nabi-Nabi yang Diutus di Mesir

Jumat , 19 Jul 2019, 04:04 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Patung Sphinx dan Piramida Giza di Mesir (ilustrasi).
Foto : AP
Patung Sphinx dan Piramida Giza di Mesir (ilustrasi).

Al-Maghluts menyebutkan, Dinasti XII merasa satu masa dengan peristiwa besar dalam sejarah kuno. Pada masa ini, Ibrahim AS yang dilahirkan di Irak Selatan hijrah ke Suriah dan sempat pergi ke Mesir setelah Suriah mulai mengalami kekeringan. Saat itulah, raja Mesir yang berkuasa memberikan seorang pelayan bernama Hajar, yang akhirnya dijadikan istri oleh Ibrahim.

 

Sebelum Kairo, ibu kota Mesir adalah Asta Tawi, yang berarti penggenggam bumi. Daerah ini terletak di dekat ibu kota lama, yakni Memphis. Pendiri dinasti ini adalah Amenhotep I yang memiliki perhatian besar pada pembangunan benteng-benteng di Delta Timur dan Barat. Kekuasaannya dilanjutkan oleh Snosert I. Disebutkan, Snosert I inilah yang menggali kanal dan menyambungkan Sungai Nil dengan Laut Merah.

Di antara para penguasa dari Dinasti XII adalah Amenhotep II, kemudian Snosert II. Setelah itu, roda kekuasaan dipegang oleh Amnhotep III yang masa pemerintahannya terkenal aman dan sejahtera. Raja ini membangun beberapa piramidanya di negeri Hawarah di daerah al-Fayyum.

Politik luar negeri pada masa Dinasti XII ini ditekankan pada pengutamaan hubungan harmonis dengan negeri tetangga. Hal itu disebutkan Dr Jamal Abudl Hadi dan Wafa’ Raf’at dalam kitab Tarikh Ummah Muslimah Wahidah fi Misri wa Irak.

Selain Al-Fayyum, terdapat sekitar 25 kota besar lainnya di Mesir. Misalnya, Kairo, Memphis, Luxor, Aswan, Asyut, al-Bahr al-Ahmar (Laut Merah), Iskandariyah, Ismailiyah, dan lainnya.

Pada era modern ini, sebagian wilayah Mesir terletak di Afrika bagian timur laut. Secara total, luas Mesir mencapai hampir satu juta kilometer persegi, tepatnya 997.739 kilometer. Wilayah Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap bagian dari Asia Barat Daya), sedangkan sebagian lainnya di wilayah Afrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, Jalur Gaza dan Israel di utara-timur, perbatasan dengan perairan Laut Tengah di utara, dan Laut Merah di timur.

 
Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:58 WIB 15:18 WIB 17:56 WIB 19:06 WIB