18 Safar 1441

Petugas Haji Berikan Edukasi ke Jamaah di Pemondokan

Selasa , 23 Jul 2019, 07:02 WIB Redaktur : Muhammad Hafil
Anggota Tim Linjam PPIH Arab Saudi, Rustam Effendi Hasibuan memberikan edukasi kepada jamaah haji di Kloter 2 BPN di Hotel 914 tentang keamanan, Senin (22/7) sore.).
Anggota Tim Linjam PPIH Arab Saudi, Rustam Effendi Hasibuan memberikan edukasi kepada jamaah haji di Kloter 2 BPN di Hotel 914 tentang keamanan, Senin (22/7) sore.).

IHRAM.CO.ID, Oleh Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

 

Baca Juga

MAKKAH -- Petugas aji yang tergabun gdalam PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Senin (22/7) sore, melakukan kunjungan ke sektor 9. Di mana, PPIH melakukan berbagai sosialisasi dan edukasi kepada jamaah asal Kloter 2 BPN di Hotel 914.

Tim yang melakukan kunjungan yaitu konsultan ibadah, Tim Perlindungan Jamaah (Linjam), dan Tim Promotif Preventif (TPP). Untuk konsultan ibadah, diwakili oleh KH Ahmad Wazir. 

Kiai Ahmad menyampaikan sejumlah teknis ibadah. Mulai dari pelaksanaan miqat, puncak haji, hingga masalah haid pada jamaah haji wanita.

Menurut Kiai Ahmad, bimbingan yang dilakukan kepad jamaah memang harus berlapis-lapis. Mulai dari bimbingan tingkat kecamatan, kabupaten, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), hingga sampai ke level PPIH Daker.

"Tujuannya adalah edukasi dan manasik di semua level berjalan maksimal dan baik," kata Kiai Ahmad.

Karena itu, lanjut Kiai Ahmad, diperlukan visitasi atau kunjungan konsultan ibadah di tingkat Daker ke sektor-sektor. Yaitu, agar memastikan kegiatan bimbingan ibadah bisa berjalan baik.

photo

Tim Promotiv Preventif (TPP) memberikan pengetahuan dan informasi tentang kesehatan kepada jamaah haji.

Sementara, dari unsur Linjam, diwakili oleh  Rustam Effendi Hasibuan. Dia memberikan edukasinya kepada jamaah soal keamanan.

Dia memberikan materinya soal keamanan jamaah agar tidak membawa uang banyak ketiak ke Masjid Al Haram. Karena, belum lama ini ada jamaah yang uangnya tercecer lebih dari 1.000 riyal.

Selain itu, dia juga menyampaikan soal pentingnya kewaspadaan selama di hotel. Karena, ada kejadian jamaah yang mengambil air wudhu tetapi airnya lupa dimatikan.

"Akhirnya, kamarnya menjadi kebanjiran," kata Rustam. Dia pun mengingatkan agar semua yang berkenaan dengan listrik sudah dicabut sebelum jamaah keluar hotel. 

Rustam juga mengingatkan jika jamaah keluar hotel dan ingin menyebrang jalan, harus hati-hati. Karena, cara mengemudi orang di sini berbeda dengan di tanah air.

"Tunggu saja sampai sepi dulu. Hati-hati sebaiknya berombongan saat menyeberang. Faktor keamanan itu penting," kata Rustam.

Sementara dari sisi kesehatan, diwakili oleh TPP. Di mana, Tim TPP mengingatkan pentingnya kesehatan untuk menjadi haji mabrur.

TPP juga mengajarkan kepada jamaah bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Penyampaiannya pun disampaikan dengan cara yang menarik.

photo

Konsultan Ibadah PPIH Arab Saudi Daker Makkah memberikan pengetahuan tentang ibadah haji kepada jamaah asal Kloter 2 BPN.

 
Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:14 04:14 11:41 14:49 17:48 18:58

widget->kurs();?>