Rombongan Amirul Haj Berangkat ke Arafah Sore Ini

Jumat , 09 Agu 2019, 15:53 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Jamaah haji Indonesia akan melaksanakan wukuf pada 10 Agustus atau 9 Dzulhijjah di Arafah. Setelah wukuf, jamaah akan mabit ke Muzdalifah dengan berjalan kaki. Tampak jalur pejalan kaki yang akan dilewati jamaah haji menuju Muzdalifah, Senin (5/8) sore.
Jamaah haji Indonesia akan melaksanakan wukuf pada 10 Agustus atau 9 Dzulhijjah di Arafah. Setelah wukuf, jamaah akan mabit ke Muzdalifah dengan berjalan kaki. Tampak jalur pejalan kaki yang akan dilewati jamaah haji menuju Muzdalifah, Senin (5/8) sore.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Rombongan Amirul Hajj Indonesia akan bertolak ke Arafah pada Jumat (9/8) sore. Selama berada di Arafah, mereka akan melakukan peninjauan ke tenda-tenda jamaah di Arafah.

 

Menurut Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi, Asep Subhana, mengatakan rombongan Amirul Hajj akan diberangkatkan dari Kantor Urusan Haji Indonesia Makkah ke Arafah pada pukul 16.00 WAS.  "Rombongan Amirul Hajj akan menjadi rombongan pertama yang diberangkatkan pada trip pemberangkatan petugas hari ini," ujar Asep, Jumat (9/8) pagi.  

Baca Juga

Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Subhan Cholid, mengatakan agenda Amirul Hajj begitu tiba di Arafah adalah berkeliling ke tenda-tenda jamaah. Mereka akan meninjau dan mengecek segala sesuatunya terkait dengan pelayanan kepada jamaah. “Ya, nanti agendanya di sana akan berkeliling tenda mengecek persiapan menjelang wukuf,” kata Subhan. 

Rombongan Amirul Hajj Indonesia 2019 dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.Penunjukan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi.  Di mana setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji yang bertanggung jawab pada setiap negara yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj. 

Lukman akan didampingi oleh anggota delegasi yang berjumlah 13 orang. Para delegasi terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.   

900 petugas

Sementara, Asep Subhana mengatakan, pihaknya telah memberangkatkan 900 petugas dari Makkah ke Arafah pada Jumat dini hari. Setibanya di sana, mereka diperintahkan untuk beristirahat karena harus menerima kedatangan jamaah pada pagi harinya.  "Tepat dalam waktu tiga setengah jam, petugas gelombang pertama ini telah berhasil didorong menuju Arafah," kata Asep.

Selanjutnya menurut Asep, hari ini akan dilakukan pemberangkatan jamaah serta petugas haji menuju Arafah secara bertahap. "Kita harapkan seluruh petugas dan jamaah telah terangkut semua ke Arafah sebelum tengah malam," ujar Asep.   

Asep menyampaikan, untuk pemberangkatan jamaah akan dibagi dalam tiga trip. Trip pertama, berlangsung pada pukul 07.00-12.00 WAS pagi ini. Dilanjutkan dengan trip kedua yang dilakukan siang hari, mulai pukul 12.00-16.00 WAS. "Terakhir kita akan berangkatkan pada pukul 16.00-24.00 WAS," katanya.

 

 

 
Kamis, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:29 04:29 11:50 15:01 17:52 19:00

widget->kurs();?>