Petugas Haji Survei Program Iyab di Bandara

Kamis , 15 Aug 2019, 06:04 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Kepala PPIH Arab Saudi Daker Bandara, Arsyad Hidayat.
Kepala PPIH Arab Saudi Daker Bandara, Arsyad Hidayat.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Petugas haji yang tergabung dalam PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Bandara akan mempersiapkan rencana pemulangan jamaah pada 17 Agustus 2019 mendatang. Salah satunya, pada Kamis (15/8) ini, petugas daker bandara yang baru saja bertugas di Mina saat puncak haji, akan digerakkan ke Bandara King Abdul Aziz.

 

“Petugas hari ini akan kita gerakkan ke Jeddah dan kemudian sebagian kawan-kawan juga akan survei ke lapangan khususnya terkait dengan inovasi baru yaitu inovasi Iyab,” kata Kepala PPIH Daker Bandara Arsyad Hidayat, Kamis (15/8).

Baca Juga

Menurut Arsyad, secara prinsip, inovasi Iyab sama dengan Fast Track pada saat kedatangan jamaah haji dari Tanah Air ke Arab Saudi. Hanya saja yang berbeda mungkin terkait dengan pengiriman barang bagasi atau koper jamaah yang dikirim lebih dahulu yaitu 48 jam sebelum pesawat lepas landas.

“Kemudian jamaah pun pada saat di bandara saya kira tidak akan terlalu lama menunggu karena proses imigrasi relatif lebih cepat karena mempergunakan sidik jari dan itu sudah cukup untuk mereka merangkum data-data milik jamaah haji,” kata Arsyad.

Sementara itu, Arsyad menjelaskan soal pendorongan jamaah aturannya emang untuk pola reguler. Jamaah akann didorong 8-10 jam dari Makkah. Sehingga,  minimalnya jamaah sudah sampai di Bandara Jeddah pada waktu enam jam sebelum pesawat lepas landas (take off).

Nah, untuk yang Iyab sekitar 7-8 jam sebelum pesawat take off jamaah sudah didorong dari Makkah ke Bandara, south terminal yaitu terminal yang khusus didedikasikan untuk inovasi Iyab ini. Itu minimal pesawat atau jamaah sudah ada di bandara keberangkatan itu lima jam sebelum pesawat take off,” kata Arsyad.

Sebelumnya, Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid mengatakan, hari pertama penimbangan bagasi jamaah akan dilakukan kepada 15 kelompok terbang. Kelompok terbang itu di antaranya JKS 1-4; SUB 1-3; PLM 1; LOP 1; PDG 1; SOC 1-3; BTH 1; serta UPG 1.

Selain itu, Subhan mengatakan, penimbangan  bagasi akan dilaksanakan di pemondokan masing-masing. Untuk itu masing-masing jamaah diharapkan sudah mempersiapkan kopernya.

 
Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:31 WIB 04:41 WIB 11:57 WIB 15:17 WIB 17:55 WIB 19:06 WIB