2020, Terminal Tipe A akan Memiliki Fasilitas Setara Bandara

Sabtu , 24 Agu 2019, 14:25 WIB Reporter :Riza Wahyu Pratama/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
Pengendara salah satu mobil angkutan kota (Angkot) melintas di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).
Pengendara salah satu mobil angkutan kota (Angkot) melintas di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi terminal tipe A. Diharapkan dengan revitalisasi tersebut, terminal yang dikelola oleh ditjen hubungan darat akan memiliki fasilitas setara dengan bandara.

 

Baca Juga

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana menjelaskan, dengan diperbaikinya terminal Tipe A, maka masyarakat akan lebih antusias untuk menggunakan angkutan massal. Selain itu, transportasi darat nantinya akan setara dengan transportasi laut dan udara.

"Dengan begitu masyarakat akan nyaman kalau mau siang atau malam datang ke terminal. Selain nyaman, keselamatan dan keamananya juga terjamin," kata Cucu saat meresmikan transpatriot jalur II dan III, Kamis (22/8).

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mendorong pemerintah daerah untuk membantu revitalisasi tersebut. Menurutnya, pemerintah bisa membantu merevitalisasi terminal tipe B (angkutan kota dalam provinsi), serta terminal tipe C (angkutan pedesaan).

"Kita juga akan merintis apa-apa yang tidak bisa dilakukan oleh kab/kota akan dibantu, khususnya dalam hal transportasi darat," ucapnya.

Cucu menambahkan, dengan direvitalisasinya terminal-terminal tersebut, pihaknya akan lebih leluasa untuk menambah armada transportasi darat. "Dengan demikian, Bappenas akan memberikan tambahan dana alokasi khusus untuk transportasi darat," ujarnya.

 
Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:29 04:29 11:51 15:01 17:52 19:00

widget->kurs();?>