Jembatan Mostar: Jejak Otoman di Bosnia Yang legendaris

Senin , 09 Sep 2019, 15:41 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Jembatan Mostar di Bosnia.
Jembatan Mostar di Bosnia.

IHRAM.CO.ID, Mostar merupakan sebuah kota tua di Bosnia-Herzegovina. Kota ini letaknya di bagian barat daya. Tepatnya di Kanton Herzegovina-Neretva.

 

Pada tahun 2007, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 128.448 jiwa dan memiliki luas wilayah 1.175 km².vKota ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 89,8 jiwa/km².

Bangunan yang paling diburu pada turis adalah sebuah bangunan jembatan tua di kota ini. Jembatan dibangun semasa masa kekahlifahan otoman untuk menghubungkan wilayah Balkan dan Eropa yang terpisah dengan sungai Neretva.

Jembatan ini unik, selain tua juga penuh dengan simbol ke Islaman. Misalnya adanya bentuk jembatan yang memakai kolong lengkung dan mempunyai pijakan kaki kuda sebanyak 99 buah di sekujur jembatan. Jumlah 99 itu menandakan jumlah asma'ul husna dalam ajaran Islam.

Jembatan ini sempat roboh akibat perang saudara yang melanda Bosnia ketika diserbu serbia pada tahun 1990-an. Namun kemudian jembatan ini dibangun lagi atas prakarsa internasional. Jembatan ini tak berfungsi sebagai jambatan pada umumnya pada hari ini.

Jembatan ini sekarang sudah menjadi situs sejarah. Berderet tempat makan dan sauvenis khas Balkan ada di sana. Selain jembatan di sekitarnya juga terdapat masjid tua dengan menara khasnya serta bekas madrasah dan rumah sufi sebagai jejak bahwa Islam sampai di Eropa. Sisa bangunan bekas perang saudara banyak yang tidak dipugar. Bangunan tua itu dibiarkan dengan tembok berlubang bekas tembakan untuk mengenang perang genosida etnis Bosnia yang dahysat.

 
Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:28 04:28 11:50 15:00 17:52 19:00