Kelezatan Tha'miyah Bil Baid, Makanan Dari Negeri Sphinx

Rabu , 11 Sep 2019, 11:43 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Makanan Tha'miyah Bil Baid dari Mesir.
Makanan Tha'miyah Bil Baid dari Mesir.

Oleh: Arsyad Hidayat MA, Petugas haji Indonesia di Jeddah

 

Pagi ini sangat istimewa, setelah semalam menghadiri acara Malam Apresiasi Haji 2019 yang diselenggarakan Kantor Urusan Haji Indonesia Jeddah kami dikirimi sarapan "tha'miyah bil baid" dari salah seorang rekan kerja sewaktu bertugas di KJRI Jeddah beberapa tahun yang lalu.

Makanan ini memang sangat cocok jika disajikan untuk sarapan bagi. Karena sangat simpel, enak rasanya dan cukup mengenyangkan.

1 (satu) paket tha'miyah bil baid terdiri roti (ish) baladi, tha'miyah, potongan sayuran, thahinah dan telur rebus. Gabungan dari makanan di atas dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam roti baladi. Lalu diberi bumbu thahinah yang cair dan siap untu disantap. Sangat sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkannya.

Gambar mungkin berisi: makanan

Bagi para alumnus mahasiswa Timur Tengah khususnya Cairo, makanan ini sangat familiar di telinga mereka. Karena makanan ini menjadi salah satu makanan favorit mahasiswa. Di setiap sudut jalan Cairo, akan dengan mudah menemukannya.

Apalagi dengan kantong keuangan umumnya mahasiswa yang pas pasan makanan ini sangat cocok untuk mendukung proses belajar mulai dari pagi hingga datangnya waktu makan siang.

Pun bagi para jemaah haji, umrah atau ekspatriat yang sedang berada di tanah suci Arab Saudi, bisa langsung beradaptasi untuk dapat mengkonsumsi makanan yang asalnya dari negara pemilik piramida dan patung sphinx yang kesohor di dunia. Makanan ini menjadi alternatif ketika perut terasa keroncongan. Mudah untuk mendapatkannya di samping harganya pun sangat terjangkau 1 - 3 riyal per buah.

Jika saudara sedang berada di masjidil haram Makkah, bisa mendapatkannya dengan keluar dari pintu King Fahd dan berjalan ke arah pertokoan di antara Hotel Hilton dan toilet sebelah Hotel Darut Tauhid Intercontinental. Atau jika sedang dalam perjalanan Makkah - Jeddah atau sebaliknya, saudara bisa mendapatkannya di kantin "Tha'miyah al Sultan" yang terletak di beberapa area SPBU tengah perjalanan antara kedua kota tersebut.

Jeddah, 11 September 2019

 
Jumat, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:28 04:28 11:50 15:00 17:52 19:00

widget->kurs();?>