16 Safar 1441

10 Jamaah Haji yang Dirawat akan Dipulangkan Pekan Ini

Selasa , 08 Oct 2019, 20:20 WIB Reporter :Febryan A/ Redaktur : Agung Sasongko
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka
Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Jusup Singka mengatakan, 10 dari 34 jamaah haji Indonesia yang sebelumnya terbaring sakit di Arab Saudi, kini kondisinya sudah membaik dan bisa dipulangkan ke Tanah Air. Pemulangan akan dilakukan pekan ini.

 

"Sepuluh orang akan dipulangkan dalam pekan ini. Kita sedang urus berkas-berkasnya dan penerbangannya," kata Eka kepada Republika di Jakarta, Selasa (8/10).

Adapun sisanya, 24 orang, akan diupayakan untuk bisa dipulangkan pada bulan ini. "Kita terus pantau kesehatan jamaah di sana. Kita sudah kirim tim medis tambahan," ucap Eka.

Eka menjelaskan, 34 jamaah yang kini masih berada di Arab Saudi itu terbaring sakit karena memiliki sakit bawaan sejak dari Tanah Air. "Saat ibadah mereka juga tidak bisa mengontrol diri, sehingga kelelahan. Apalagi cuaca ekstrem," katanya.

Walhasil, saat jamaah haji lain sudah dipulangkan hingga 16 September, namun jamaah haji yang terbaring sakit ini terpaksa mendapatkan perawatan medis di sejumlah rumah sakit di Makkah, Madinah, dan Jeddah, Arab Saudi. Bahkan, sebagian jamaah sempat dipasangkan alat bantu pernafasan dan alat bantu jantung.

"Tapi, sekarang hampir semua sehat, walau masih ada yg tidak sadarkan diri," ungkapnya.

Adapun perawatan jamaah yang sakit tersebut, kata Eka, juga didampingi tenaga kesehatan Indonesia. "Tim kesehatan kita tidak pernah putus merawat sejak 16 September itu. Kami juga sudah tambah enam orang lagi tenaga medis dari Indonesia untuk membantu perawatan jamaah yang sakit," ujar Eka.

 
Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:15 04:15 11:42 14:48 17:49 18:58