16 Safar 1441

Menag: Peningkatan Layanan Nonfisik Dongkrak Kualitas Haji

Selasa , 08 Oct 2019, 20:58 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, perlunya meningkatkan pelayanan untuk jamaah haji yang sifatnya nonfisik sehingga kualitas ibadah berhaji dapat meningkat.

 

"Kita harus tambah kualitas penyelenggaraan haji nonfisik," kata Lukman dalam sambutan Rakernas Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2019 di Jakarta, Selasa (8/10).

Baca Juga

Dia mengatakan, Kemenag sebagai penyelenggara layanan haji bersama sejumlah kementerian/lembaga harus secara seimbang menggarap kualitas penyelenggaraan nonfisik seiring dengan yang sifatnya fisik.

Adapun pelayanan sifatnya nonfisik adalah, kata dia, seperti penyelenggaraan untuk manasik haji dengan penambahan wawasan ibadah lebih mendalam dan hal terkait lainnya.

Dengan pelayanan nonfisik yang baik, lanjut dia, maka jamaah dapat puas tidak secara fisik saja tetapi ada penambahan ilmu pengetahuan dan kualitas keberagamaan.

Dia mengatakan, pengetahuan haji tidak hanya tata cara manasik tapi juga soal filosofi haji. Bahwa ada makna lebih mendalam mengenai manasik haji seperti tawaf, sai, wukuf, dan sebagainya.

"Sehingga setiap jamaah haji setelah berhaji ada wawasan bertambah. Kemabruran harus mewujud meningkatkan kualitas manasik haji sehingga tahun depan juga berkorelasi positif untuk kualitas bangsa keseluruhan," katanya.

Selama ini, kata dia, kualitas penyelenggaraan fisik kerap digenjot sepertipelayanan akomodasi, transportasi, kesehatan dan lain-lain.

"Sebagai penyelenggara kita harus memahami betul apa yang sudah dianggap baik sebagian besar jamaah haji kita. Kita kedepankan rasa syukur apa yang baik agar kita bisa pertahankan hal-hal yang sudah baik ini," kata dia.

 

 

 

 

 
Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:15 04:15 11:42 14:48 17:49 18:58

widget->kurs();?>