24 Rabiul Awwal 1441

Langgar Tinggi, Jejak Islam di Ibu Kota

Kamis , 24 Oct 2019, 23:10 WIB Jurnalis : Sadly Rachman
Foto : Ihram TV
Langgar Tinggi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai Ibu Kota, Jakarta memiliki tempat bersejarah tentang penyebaran dan perkembangan Islam. Tepatnya berada di Pekojan, Jakarta Barat.

Namun, sayangnya tempat tersebut kini mulai terlupakan. Untuk itu, tim Ihram TV akan mengajak kalian melihat kembali tempat bersejarah tersebut.

Masyarakat Jakarta menyebutnya sebagai Langgar Tinggi. Langgar itu bermula dari seorang saudagar kaya raya asal Palembang, Syarifah Masy'ad Baarik Ba Alwi yang mewakafkan tanahnya untuk dijadikan Langgar pada 1829.

Langgar Tinggi merupakan sebutan rumah sembahyang untuk umat Muslim. Namun, menurut pengurus Langgar Tinggi, Azis, tempat ini hanya digunakan untuk salat lima waktu dan tidak diperuntukkan untuk melakukan salat Jumat.

Aziz mengatakan, langgar ini sempat menjadi kebanggan masyarakat Pekojan. Namun, langgar itu kini memerlukan restorasi kembali agar dapat berfungsi dengan baik.

Azis pun berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk kembali mengembalikan kejayaan Langgar Tinggi.

Walau tidak seramai dahulu kala, Langgar Tinggi ini tetap dikunjungi oleh beberapa komunitas dari Jabodetabek maupun luar daerah. Diharapkan, dengan direstorasinya Langgar Tinggi dapat mempertahankan situs sejarah Islam di Ibukota. 

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana, Surya Dinata

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
WIB WIB WIB WIB WIB WIB

BERITA LAINNYA